Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pergantian Kepala Balai Binamarga Dinilai Mematikan Potensi OAP

Demas Wandik (Jubi/Mawel)
Demas Wandik (Jubi/Mawel)

Jayapura, Jubi –Mahasiswa Papua yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Pemerhati Pembangunan Papua dan Papua Barat menilai pergantian Kepala Balai Bina Marga Papua, dari Thomas Adel kepada Osman Marhum M.T mematikan potensi pengusaha asli Papua.

Koordinator Solidaritas, Demas Wandik dalam konferensi pers di Kamkey, Abepura, Kota Jayapura, Sabtu (1/8/2015) mengatakan kebangkitan pengusaha Orang Asli Papua bersama kepala Bina Marga yang lama, Adel, mulai redup. Jakarta tidak mempunyai niat baik, mendidik orang Papua menjadi tuan di negerinya sendiri. Jakarta selalu mematikan potensi orang asli Papua dengan alasan yang mengada-ada.

“Pergantian yang tidak masuk akal ini mematikan potensi orang Papua. Pergantian berjalan begitu cepat. Pejabat lama 1 tahun lima bulan diganti. Pergantian yang cepat ini mematahkan program pejabat lama yang sudah berjalan untuk mendidik pengusaha Papua. Anak Papua yang mulai bangkit dipotong,” ungkap Wandik.

Kata Wandik, Jakarta mestinya berpikir logis. Orang lain tidak akan pernah datang membangun Papua dengan baik dan pendekatan hati. Orang lain hanya datang membawa sejumlah ide brilian tetapi itu sangat tidak cocok untuk orang Papua. Orang Papua sendirilah yang tahu persis bagaimana caranya membangun negerinya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Universitas Cendrawasih (MPM UNCEN), Leo Himan mengatakan, pergantian Kepala Bina Marga adalah salah satu kebijakan pusat yang selalu menyulitkan orang Papua. Jakarta tidak pernah lagi memikirkan status khusus Papua yang sama dengan Yogyakarta dan Aceh.

“Papua itu khusus. Orang dari sana itu tidak tahu karakter orang Papua. Orang baru apakah mengetahui perbedaan sifat dan geografis. Apakah yang baru ini mengetahui itu atau tidak? Kalau tidak ini merugikan,” ucap Himan. (Mawel Benny)

Loading...
;

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top