Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Perkenalkan pendidikan pola asrama ke sejumlah kampung

Sergius Womsiwor – Jubi/Frans L Kobun.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Tim SMP dan SMA Satu Atap (Satap) Terintegrasi Syalom Kaliki menyosialisasikan keberadaan sekolah mereka ke sejumlah kampung di Distrik Anim Ha, Merauke. Sosialisasi dipimpin Kepala Sekolah Sergius Womsiwor.

Tim dari sekolah berpola asrama tersebut menyambangi Kampung Wayau, Senegi dan Kampung Baat. Menyusul kemudian, Kampung Koa, dan Kaisa pada jadwal berikutnya.

“Saya selaku perpanjangan tangan dari (pihak) Gereja maupun pemerintah melakukan sosialisasi untuk mendengar langsung keluhan masyarakat terhadap dunia pendidikan. Kami juga memberi sosialiasi ke kampung-kampung di Distrik Kaptel, tetapi waktunya belum dipastikan,” kata Womsiwor kepada Jubi, Selasa (12/11/2019).

Dia mengaku masyarakat maupun aparat kampung di setiap lokasi sosialisasi mendukung penuh keberadaan SMP dan SMA Satap Terintegrasi Syalom Kaliki. Apalagi, sekolah mereka menerapkan sistem pendidikan berpola asrama.

Loading...
;

Sosialisasi tidak hanya sekali, tetapi dua hingga tiga kali di setiap kampung. Tujuannya ialah memberi pemahaman lebih mendalam kepada para orang tua maupun anak tentang manfaat pendidikan bagi masa depan.

Tim sosialisasi juga mendapati masih ada warga putus sekolah di sejumlah kampung. Salah satunya merupakan suami-isteri di Wayau. Namun, keduanya menyatakan berminat melanjutkan kembali pendidikan mereka pada sekolah yang dipimpin Womsiwor.

Pihak sekolah menargetkan menerima 100 siswa untuk tahun ajaran mendatang. Mereka sedang menyiapkan proposal pembangunan asrama kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta para anggota DPR Indonesia asal Papua.

Womsiwor berobsesi keberadaan sekolah mereka memupus angka putus sekolah di kalangan Orang Asli Papua di Kabupaten Merauke. Mereka telah menjalin komunikasi dengan pihak Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Tokoh Masyarakat Marind Harry Ndiken mendukung penuh upaya GKI di Tanah Papua yang menghadirkan fasilitas pendidikan berpola asrama di Kampung Kaliki. “Saya menjamin bahwa berbagai pihak, termasuk masyarakat di kampung-kampung (juga) mendukung penuh kehadiran sekolah (SMP dan SMA Satap Syalom Kaliki).” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top