Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Perpustakaan Papua diminta berbenah dan selalu kreatif

Salah satu sudut di perpustakaan daerah Papua yang dipakai sebagai tempat untuk membaca – Jubi/dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua meminta perpustakaan di wilayahnya untuk berbenah dan selalu kreatif, mengingat tantangan-tantangan ke depan harus dihadapi secara bijak. Mengingat kamajuan teknologi dan informasi saat ini sudah tak bisa terbendung lagi.

Staf Ahli Gubernur Provinsi Papua Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Papua, Ani Rumbiak mengatakan kondisi geografis di Papua menuntut perpustakaan harus mampu sediakan bacaan atau sumber informasi yang diperlukan masyarakat.

“Perpustakaan provinsi sebagai pembina perpustakaan yang ada di kabupaten/kota harus bisa menjawab tantangan yang ada, yakni dengan cara berbenah dan selalu kreatif dalam menyedian bacaan dan informasi,” kata Ani Rumbiak di Jayapura, Kamis (27/6/2019).

Menurutnya gemar membaca di Papua harus segera diimplementasikan, dengan terus menerus memotivasi masyarakat untuk membaca dengan pendekatan dan berusaha mentransformasi sistem pendidikan dengan meniadakan hambatan-hambatan.

Loading...
;

“Wilayah Papua juga cukup berat mulai dari aspek yang sangat terpencil, baik darat maupun udara, hingga ke gunung-gunung yang tersebar di lima wilayah adat. Oleh karena itu, tantangan inilah yang harus diminimalisir oleh perpustakaan provinsi,” ujarnya.

Di samping itu, dirinya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan perpustakaan yang ada semaksimal mungkin. Mengingat perpustakaan adalah tempat menambah wawasan serta pengembangan diri.

“Mari manfaatkan perpustakaan yang ada di masing-masing daerah secara baik,” katanya.

Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan RI Muckhtar Dolle, mengatakan implementasi program revolusi mental menuju Indonesia Cerdas 2024, salah satu peran perpustakaan dalam melaksanakan UUD 1945, yakni turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Untuk itu, perpustakaan sebagai institusi penyedia bahan-bahan bacaan dan peningkatan kegemaran membaca pada masyarakat melalui keluarga, sekolah dan pemerintah harus bisa wujudkan program tersebut.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan perpustakaan sebagai tempat beraktivitas agar anak-anak, ibu-ibu, para lansia, dapat melakukan berbagai macam aktivitas di perpustakaan dengan nyaman,” kata Muckhtar. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top