Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Persipura seperti ‘Anak Tiri’ di kandang sendiri

Para pemain Persipura saat menggelar latihan di Stadion Mandala Jayapura dan tampak juga para atlet dan juga masyarakat umum melakukan olah raga di lintasan stadion – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Menjadi anak tiri di rumahnya sendiri. Mungkin itu kata yang tepat bagi skuad Mutiara Hitam julukan Persipura Jayapura saat menggelar latihan terpusat di Stadion Mandala Jayapura yang menjadi home base bagi Boaz Solossa dan kawan-kawan.

Ungkapan ini beralasan. Bulan lalu, tepatnya pada April 2019, Boaz Solossa dan kawan-kawan harus menggelar latihan separuh dari lapangan Stadion Mandala, karena separuh dari lapangan tersebut juga digunakan oleh para atlet yang dipersiapkan bertanding pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX , 2020 di mana Papua bertindak sebagai tuan rumah.

Penderitaan rupanya belum selesai. Sore tadi, Kamis (27/6/2019) Semen Padang FC yang merupakan tamu dari Persipura Jayapura juga harus berbagi lapangan dengan para atlet tersebut. Padahal, sesuai dengan regulasi, setiap tim tamu harus menggunakan seluruh areal lapangan untuk dilakukan uji coba lapangan.

Dan juga, sesuai regulasi, dua hari menjelang pertandingan, stadion yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan harus steril atau tidak boleh digunakan oleh masyarakat umum menggelar latihan ataupun acara lainnya, karena akan mengganggu proses persiapan stadion oleh Panitia Pelaksana (Panpel) tuan rumah penyelenggara pertandingan.

Loading...
;

Dengan begitu, sanksi pun akan jatuh kepada pihak tuan rumah dalam hal ini Persipura karena tidak menyiapkan stadion untuk dijadikan tempat latihan atau ujicoba lapangan bagi tim tamu satu hari sebelum laga resmi dilangsungkan.

Asisten Manajer (Asmen) Persipura Jayapura Ridwan Madubun pun mengakui bahwa hal tersebut adalah kesalahan dari pihaknya yang tidak bisa memberikan tempat yang sesuai dengan regulasi yang ada.

“Kami akui bahwa kami salah dalam hal ini, dan kami juga sudah mempersilahkan pihak Semen Padang FC untuk melaporkan hal tersebut ke pihak PSSI dan juga operator liga. Tetapi tadi dalam technical meeting semuanya sudah clear,” kata Bento sapaan akrabnya, Kamis (27/6/2019) saat ditemui di Stadon Mandala, Jayapura.

Masyarakat Papua khususnya Kota Jayapura menginginkan Persipura harus menggelar laga kandang di Jayapura yaitu di Stadion Mandala, Jayapura. Namun kenyataannya, untuk menggelar latihan saja harus berbagi dengan para atlet. Padahal, untuk menggelar latihan, Persipura bukan hanya butuh latihan pada sore hari, tetapi juga dibutuhkan latihan pada pagi hari.

Menanggapi hal tersebut, anggota Exco PSSI Papua, Nico Dimo mengatakan, berbicara masalah prestasi, baik Persipura dan juga para atlet yang dipersiapan untuk PON sama-sama membawa nama Papua, jadi dalam hal ini tidak ada istilah siapa anak kandung dan siapa anak tiri. Tetapi sama-sama membawa nama Papua untuk berprestasi.

“Soal penggunaan Stadion Mandala, pihak Cabor (cabor atletik) yang juga menggunakan stadion Mandala sudah menyurat ke pihak KONI bahwa mereka menggunakan lapangan setiap hari dari pukul 06.00 hingga 08.00 WP. Selebihnya boleh digunakan oleh Persipura,” kata Nico Dimo.

Dikatakan, awalnya sempat berbenturan soal latihan Persipura pada pagi hari yaitu bulan lalu namun ketika dilakukan komunikasi dengan pihak KONI akhirnya ada kesepakatan bahwa Persipura tetap menggunakan stadion Mandala tetapi diatas pukul 08.00 WP dan juga sore harinya.

“Tadi saya mendapat laporan bahwa Semen Padang FC juga harus berbagi lapangan dengan para atlet, ini hanya soal mis komunikasi. Seharusnya Panpel Persipura melakukan koordinasi dengan pihak KONI sehingga tidak terjadi seperti tadi pagi,” ujarnya.

Untuk itu, Nico Dimo berharap kedepannya pihak Panpel Persipura harus proaktif melakukan komunikasi dengan pihak KONI soal penggunaan Stadion Mandala, karena di stadion tersebut bukan hanya Persipura yang menggelar latihan tetapi ada cabor atletik juga untuk persiapan PON. (*)

 

Editor: Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top