HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pertamina bentuk Satgas Ramadan dan Idulfitri

Pertemuan para jurnalis bersama Manajemen Pertamina – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Unit Manager Communication Relations dan CSR MOR VIII PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho, mengungkapkan Pertamina telah membentuk satuan tugas (satgas) untuk Ramadan dan Idulfitri 1440 H sejak H-15 sampai H plus 15 atau terhitung  tanggal 21 Mei -20 Juni 2019.

Demikian disampaikan Brasto saat melakukan silaturahmi bersama sejumlah jurnalis Merauke Senin (27/5/2019).

Dikatakan, satgas ini tidak lain mengantisipasi distribusi bahan bakar minyak (BBM) serta elpiji di empat provinsi  yakni Maluku, Maluku Utara, Papua, serta Papua Barat.

Dijelaskan, untuk personil satgas di tingkat region 48 personil. Sedangkan tingkat operasional  547 personil. Sementara total terminal  BBM sebanyak 20  dan satu depot kolaborasi di Timika serta 11 DPPU maupun depot pengisian pesawat udara.

Loading...
;

Khusus di Kabupaten Merauke, menurutnya, terdapat DPPU Mopah serta  Terminal BBM Merauke.

“Hari ini kami turun ke lapangan sekaligus melakukan peninjauan langsung ke DPPU Mopah memastikan kehandalan sarpas maupun ketersediaan stok agar penyaluran BBM maupun aftur  terdistribusi selama masa satuan tugas Ramadan dan Idulfitri 1440 H,” katanya.

Khusus gas solin yakni Premium dan Pertamax, ada prediksi kenaikan sebesar 1,8 persen selama masa satgas ini. Sedangkan gas gas oil yakni solar justru terdapat indikasi penurunan. Karena selain untuk kendaraan, juga industri termasuk perkebunan.

Sedangkan avtur, jelas dia, diprediksi terjadi peningkatan sebesar 3 persen. Elpiji meningkat 23 persen  di luar masa satgas. Ini menunjukkan bahan bakar untuk memasak  bagi masyarakat semakin diminati.

“Memang elpiji kita supply dari Surabaya dengan kapal,” katanya.

Khusus Terminal BBM Merauke, katanya, selain disuplai untuk Kabupaten Merauke, juga Boven Digoel, Mappi, serta Asmat. Kalau yang disubsidi adalah solar. Sedangkan premium sifatnya penugasan.

Ditanya ketahanan stok BBM untuk TBBM Merauke, Brasto mengaku premium sebanyak 1200 kilo liter, solar 3100 kilo liter, minyak tanah 1100  kilo liter. Sedangkan  pertamax 239 kilo liter. Ini untuk supply di empat kabupaten.

Selain itu juga avtur, kondisinya sangat bagus yakni 706 kilo liter di DPPU terminal. Dalam waktu dekat akan ada dua kapal merapat ke terminal BBM membawa minyak tanah serta avtur juga premium dan solar.

Salah seorang jurnalis Merauke, Abdul Syah, mempertanyakan antrian kendaraan di dua SPBU dalam beberapa hari terakhir. Dari informasi yang didapatkan kalau terjadi kekurangan stok BBM.

“Kalau bisa ada penjelasan dari pihak Pertamina, sehingga dapat dipublikasikan sekaligus bisa diketahui masyarakat luas,” pintanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top