Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pertamina hentikan pasokan, warga Kota Jayapura kesulitan BBM

Unjukrasa anti rasisme warga di Kota Jayapura, Papua pada Kamis (29/8/2019). – Jubi/Agus Pabika

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Warga Abepura di Kota Jayapura, Papua, pada Jumat (30/8/2019) kesulitan mencari bahan bakar minyak, karena sejumlah Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum atau SPBU tutup. Pertamina menghentikan pasokan bahan bakar bagi sejumlah SPBU di sana, menyusul amuk massa pada Kamis (29/8/2019) yang merusak dua SPBU, sejumlah hotel, kantor, pusat perbelanjaan, dan membakar Kantor Majelis Rakyat Papua.

Ronald, warga Kampkey mengaku sudah berkeliling hingga Waena untuk mencari bensin, namun 4 SPBU yang ada di Distrik Abepura dan Heram tak tutup. “Tadi saya dapat eceran di Lingkaran Abepura. Tapi hanya satu liter. Sudah habis,” katanya.

Beberapa warga menunggu di depan SPBU sejak Jumat pagi. Akan tetapi, hingga Jumat sore ini tak ada SPBU yang buka.

Brasto, Manager Komunikasi PT Pertamina MOR 8 saat dikonfirmasi mengakui pihaknya menghentikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) bagi seluruh SPBU di pusat kota Jayapura, Abepura, maupun Waena. Pasokan BBM itu dihentikan dengan alasan keselamatan.

Loading...
;

“Distribusi kita hentikan untuk keselamatan pengemudi dan mobil operasional, karena belum ada jaminan dari aparat kemanan. SPBU di pusat kota Jayapura, Abepura dan Waena kita tutup demi keselamatan aset. [SPBU] yang masih aktif di Doyo dan Sentani,” katanya.

Ia berharap kondisi segera kondusif sehingga segera bisa membuka SPBU dan mendistribusikan BBM kepada masyarakat. “Kami harap segera. Kami belum mendapatkan jaminan dari pihak keamanan. [Kami menghentikan pasokan BBM bagi SPBU] sampai aparat berani bersedia untuk menjamin pendistribusian dan keamanan SBPU,” ujarnya

Brasto menambahkan keamanan adalah prioritas utama bagi  Pertamina. Ia menyatakan pada Kamis amuk massa merusak dua SPBU di Kota Jayapura. “Bahkan kantor kami juga dirusak kacanya. Kalau kita menyalurkan BBM namun tidak ada keselamatan, kita khawatir juga,” ujarnya.

Ribuan warga Papua di Kota Jayapura, ibukota Provinsi Papua, kembali turun ke jalan pada Kamis (29/8/2019), berunjukrasa menolak persekusi dan rasisme terhadap para mahasiswa Papua di Surabaya. Akan tetapi, unjukrasa itu berkembang menjadi amuk massa yang membakar Kantor Majelis Rakyat Papua. Sejumlah hotel dan kantor di Abepura dan Kotaraja juga dilempari batu. Massa juga membakar pusat pertokoan di Entrop, Markas Kepolisian Sektor Jayapura Selatan, serta dua SPBU.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

 

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top