Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Petani lada didorong kuasai teknologi informasi

Ilustrasi petani, pixabay.com

Mudah mengembangkan usaha pertanian dan memasarkan hasil lada putih secara daring ke pasar global.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Pangkal Pinang, Jubi – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan, mendorong petani lada putih menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan usaha perkebunan dan mampu memasarkan hasil komoditas ekspor di pasar digital.

“Kami terus berupaya meningkatkan pengetahuan petani agar dapat menggunakan android untuk mencari informasi terkait dengan bidang pertanian,” kata Erzaldi Rosman Djohan, Jumat, ( 15/2/2019).

Djohan menyebutkan jika para petani mampu menguasai dan menggunakan aplikasi pertanian, maka mereka mudah mengembangkan usaha pertanian dan memasarkan hasil lada putih secara daring ke pasar global.

Loading...
;

“Saya ingin petani menjadi agropreneur. Oleh karena itu, petani harus menguasai ‘handphone’ android,” ujar Djohan menambahkan .

Untuk mewujudkan petani agropreneur tersebut, ia minta agar petani tidak gagap teknologi. Hal itu sebagai tuntutan pengetahuan yang lebih luas dan sesuai dengan perkembangan zaman.

“Para petani dapat informasi yang tepat tentang pertanian yang baik, benar, dan tepat guna melalui jaringan internet,” katanya.

Menurut Djohan sistem aplikasi yang dapat diunduh sistem komoditas pertanian yang dapat diakses oleh petani untuk mengetahui titik lokasi lahan tanaman yang ada.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel, Juaidi mengatakan penggunaan aplikasi dimaksudkan sebagai upaya dalam peningkatan pelayanan pertanian, sehingga masyarakat petani dapat mengakses informasi dengan cepat.

“Dengan agropreneur itu berarti para petani milenial yang sudah mengikuti Industri 4.0. yang diajak sebagai pelaku pertanian modern, yang mampu melakukan pengolahan, penjualan dengan peningkatan sistem digital,” kata Juaidi. (*)

Editor : Edi Faisol

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top