Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Petugas kebersihan disiagakan di setiap sudut Pasar Pharaa

Petugas mengangkut tumpukan sampah di Pasar Pharaa, Sentani, Kabupaten Jayapura, beberapa hari lalu – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pihak pengelola akan menyiagakan petugas untuk menjaga kebersihan di lingkungan Pasar Pharaa. Mereka ditempatkan di setiap sudut pasar.

“Semua petugas disiagakan karena halaman (lingkungan) pasar sudah dibersihkan dari tumpukan sampah. Dalam sehari (petugas kebersihan pasar) bisa 6-8 kali mengangkut tumpukan sampah, sedangkan armada (angkutan) hanya satu,” kata Kepala Pengelola Pasar Pharaa Kleopas Mehue, Kamis (14/11/2019).

Tumpukan sampah di pasar sentral Sentani tersebut tidak hanya berasal dari aktivitas perdagangan, tetapi diduga juga berasal dari rumah tangga. Warga ditengarai membuang sampah mereka pada malam hari.

“Mereka memanfaatkan kondisi ketika petugas sudah tidak ada lagi berjaga (pulang). Kami sudah tegur mereka karena (perbuatan) itu tidak bisa dibenarkan. Masyarakat tidak boleh memberatkan petugas yang sudah bekerja ekstra dalam membersihkan pasar ini,” jelas Mehue.

Loading...
;

Mehue mengharapkan dukungan besar dari masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan pasar seluas 3 hektare itu. Dia juga telah merangkul dinas lingkungan hidup, dan organisasi kemasyarakatan, seperti Lembaga Missi Reclasseering Republik Indonesia (LMRI). Mereka dilibatkan dalam menjaga kebersihan lingkungan Pasar Pharaa.

Komandan LMRI Papua Imam Syafii mengatakan sosialisasi masalah kebersihan lingkungan pasar harus rutin dilakukan terhadap pedagangan maupun masyarakat umum. “Ini menjadi tempat dan halaman rumah kita bersama. Dibutuh kesabaran dalam bekerja dan melakukan perubahan. Perlahan, tetapi pasti.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top