Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pilkada Yahukimo 2020, Bawaslu harap KPU selalu di tempat tugas

Ilustrasi pemungutan suara. -Tempo.co

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Yahukimo, meminta agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yahukimo, selalu berada di tempat tugas untuk persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Yahukimo, pada 2020 mendatang.

“Kehadiran KPU di daerah bukan hanya untuk pelaksanaan pilkada, tetapi kehadiran komisioner KPU di daerah dapat memberikan kepercayaan kepada masyarakat, bahwa KPU siap untuk melaksanakan Pilkada Serentak 2020 nanti,” kata Ketua Bawaslu Yahukimo, Sepius Mirin, di Jayapura, Rabu (13/11/2019).

Ditambahkannya, Bawaslu akan menolak hadir jika undangan kegiatan atau rapat terkait Pilkada Yahukimo, diselenggarakan KPU di luar daerah. Selain itu, pihaknya meminta KPU untuk terbuka menginformasikan Pilkada Yahukimo.

“Karena saat ini masuk batas tahapan terhadap calon independen, untuk maju sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati masa bakti 2020 sampai 2025,” katanya.

Loading...
;

Ia menyarankan pula, agar KPU melaksanakan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2020.

“Semua penyelenggara sama-sama sukseskan pilkada ini dengan aman dan lancar,” katanya.

Ketua KPU Yahukimo, Didimus Busup, mengatakan terkait deklarasi pilkada, sebelumnya direncanakan pada 4 November 2019, kemudian tertunda sampai 13 November dan ditunda lagi pada 18-19 November 2019.

“Akan dilaksanakan di Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo. Penundaan itu diakibatkan pelantikan sekretaris KPU Yahukimo dan sidang PKPU pada 14 November 2019,” katanya. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top