Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pinang asli Yahukimo bawa untung jutaan rupiah

Pembeli buah pinang di lapak Mama Since Kogoy dan Lisa Sugun – Piter Lokon/Jubi.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Dekai, Jubi – Pinang asal Yahukimo menjadi salah satu komoditi yang banyak dicari oleh pembeli. Since Kogoya, salah satu pedagang pinang mengatakan, ia bisa meraih omset hingga jutaan rupiah per hari hanya dari berjualan pinang asli Yahukimo.

“Pinang-pinang ini, tiga tumpukan saya jual tiga buah Rp10 ribu hingga Rp20 ribu, tergantung kualitas pinangnya. Saya jual eceran,” kata Since Kogoya kepada Jubi di terminal Nusantara, Senin (1/4/2019).

Menurut Since budidaya pinang yang dijualnya sudah dilakukan sejak 2002 lalu. Hasilnya juga memuaskan dan tidak kalah saing dari pinang-pinang yang dikirim dari luar kota Dekai seperti pinang asal Biak dan Jayapura.

“Pinang ini kami tanam tahun 2002, sejak kabupaten mulai buka. Kami mulai panen dari tahun 2015, dan terhitung kita Panen sudah 9 kali. Hasilnya sangat Memuaskan karena hasil dari Pinang ini, kami bisa mencukup kebutuhan sehari-hari dan kami juga, ada membeli ternak babi harga Rp5 juta dan Rp10 juta serta satu buah motor, selain menabung,” kata Since

Loading...
;

Ia mengaku jika ramai pembeli ia bisa meraup keuntungan hingga Rp1 juta perhari. Namun jika sepi, penghasilan yang ia kantongi sekitar Rp300 ribu.

Pedagang lain, Lisa sugun mengatakan  pinang yang dijualnya dikirim dari Jayapura dan dijual di Dekai. Iapun mengaku meraup keuntungan juga sama dengan pedagang lain.

“Saya jualan di sini sejak terminal pedulangan emas mulai buka, namanya terminal Nusantara. Saya orang pertama yang jualan pinang di sini. Hasil jualannya saya sudah beli bibit ikan dan ternak babi,” kata Suhun.

Sementara itu, pembeli buah pinang Neton Heluka mengatakan pinang Yahukimo tak kalah saing dengan pinang-pinang luar yang masuk ke Yahukimo. Ia juga berharap masyarakat Yahukimo mulai membudidayakan pinang lokal ini agar stoknya semakin banyak sehingga tak perlu mendatangkan pinang dari luar daerah.

“Saya harap masyarakat Yahukimo bisa tanam pinang banyak, supaya kita bisa konsumsi dari daerah sendiri. Ini satu bukti nyata bahwa Yahukimo cocok untuk tanam dan hasilnya bagus tak kalah dengan daerah lainnya,” ujarnya.(*)

 Editor        : Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top