Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pindah ke lokasi baru, ini keunggulan PKM Sentani 

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat menerima informasi terkait antrean sistem elektronik di PKM Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Setelah pindah lokasi dari kawasan Bandar Udara (Bandara) Sentani ke kawasan Kemiri, Kelurahan Hinekombe, Pusat Kesehatan Masayarakat (PKM) Sentani memiliki beberapa keunggulan dalam pelayanan kesehatan cepat bagi masyarakat yang tidak dimiliki oleh PKM lain di Papua.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, mengaku PKM Sentani memiliki fasilitas pemeriksaan kimia darah, tes cepat di poliklinik TB, serta perencanaan pelayanan prima di setiap kampung di Distrik Sentani.

Menurutnya, fasilitas yang serba modern ini biasanya digunakan pada tingkatan rumah sakit. Tetapi untuk kepentingan pelayanan kesehatan masyarakat maka pelayanan yang prima dan cepat wajib dilakukan di tingkat PKM.

“PKM ini memiliki unit gawat darurat bagi ibu yang akan bersalin, siap 24 jam, ada 82 tenaga medis yang siap turun langsung di masyarakat,” ujar Khairul Lie, saat ditemui di PKM Sentani, Selasa (28/1/2020).

Setelah PKM diresmikan, kata Khairul, pelayanan akan kembali dilaksanakan pada 29 Januari (besok) seperti biasa bagi masyarakat.

Lebih lanjut Lie mengatakan PKM Sentani kini dilengkapi dengan fasilitas antrean secara elektronik. Sosialisasinya akan dilakukan pada esok hari setelah masyarakat datang untuk pelayanan kesehatan.

Loading...
;

“Fasilitas ini akan membantu masyarakat untuk mengambil nomor antrean dari rumah masing-masing, masyarakat juga akan mengetahui siap dokter atau petugas yang akan melayaninya,” jelas Khairul Lie.

Untuk sementara Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) masih menggunakan sistem septic tank. Fasilitas instalasinya akan dikerjakan bulan depan.

Sementara itu, seorang warga Kemiri Sentani, Korneles Monim, mengaku sangat senang dangn kehadiran PKM Sentani yang tidak jauh dari tempat tinggalnya.

“Yang lalu, kita harus naik kendaraan umum ke puskesmas di Sentani. Kalau masuk pasar baru atau pasar lama, kita tiba di puskesmas sudah agak siang,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top