Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

PLN Jayapura pastikan pasokan listrik aman jelang lebaran

Kepala PLN UP3 Jayapura (kiri) didampingi Manager Bagian Jaringan saat diwawancara – Jubi/Ramah.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi– Kepala PLN UP3 Jayapura, Salmon Karet memastikan pasokan listrik selama libur lebaran tahun ini tetap terpenuhi. Menurutnya, PLN UP3 Jayapura sudah menyiapkan sejumlah rencana untuk memastikan pasokan listrik selama lebaran tak mengalami gangguan.

“Secara sistem di UP3 Jayapura pasokan listrik aman, dan tetap pada posisi siap kalau tidak ada kendala luar. Artinya, gangguan dari alam seperti hujan, badai, dan angin,” ujar Karet di Kantor PLN UP3 Jayapura, Senin (27/5/19).

Salmon Karet menjelaskan, saat ini wilayah kerja PLN UP3 Jayapura yang meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Wamena, dan Kabupaten Jayapura sudah terpasang daya 190 MW. Sementara kebutuhan daya hanya 115 MW.

“Daya untuk siaga mulai puasa sampai lebaran. Beban puncak tertinggi, yaitu 74 MW, kalau PLTA Genyem operasi maksimal dengan sistem gabung dengan holtekamp dan PLTD Waena dengan total cadangan mencapai 40 MW. Sebenarnya surplus,” tutur Karet.

Loading...
;

Diakui Karet, menjelang H-3 lebaran, ketersediaan pasokan listrik sudah mengalami penurunan 5 sampai 10 persen, bahkan sampai 15 persen dari beban puncak karena diprediksi banyak warga yang mudik lebaran.

“Arus balik baru beban mulai naik lagi. Bukan saja di Papua, tapi juga di Pulau Jawa, dan pulau lainnya di Indonesia. Dengan kondisi di Jayapura, sekarang pada umumnya sekarang listrik aman,” ungkap Karet.

Manager Bagian Jaringan PLN UP3 Jayapura, Boas Sineri mengatakan, kebutuhan listrik semakin besar membuat PLN memaksimalkan pelayanan agar tidak terjadi pamadaman listrik saat malam lebaran.

“Sebagai penyedia jasa kelistrikan, kami tidak mungkin membiarkan fasilitas dan peralatan kami dengan apa adanya, tapi kami terus menyesuaiakan dengan perkembangan karena butuhan listrik terus naik,” ujar Sineri. (*)

 Editor : Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top