HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

PLN kerahkan 8 Tim untuk pemulihan pasca banjir bandang

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah Papua & Papua Barat telah mengerahkan sedikitnya delapan tim untuk pemulihan pasokan listrik yang sempat padam akibat banjir bandang yang terjadi di daerah Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Ada delapan tim dengan total personel 52 orang diturunkan. Tim ini fokus memulihkan jaringan listrik yang terdampak seperti daerah Sentani, Depapre, Genyem dan yang lainnya,” kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua & Papua Barat, Ari Dartomo dalam rilis yang diterima Jubi, Minggu (17/3/2019).

Kata Ari, akibat banjir bandang tersebut, sejumlah lokasi yang terdampak mengalami pemadaman dikarenakan robohnya tiang jaringan listrik diantaranya, BTN Doyo Grand, BTN Polda, BTN Pemda, BTN Doyo Kolam, Jalan doyo Baru, RS. Yowari, Kantor Polres Jayapura, Doyo Bambar, Kali Ular, Doyo Kompi, Doyo Transad, Kertosari, Girirejo, Maribu, Waibron, Depapre, Tablanusu, Tablasupa, Amai, Dormena, Jalan Kemiri, Akuatan, Tabita, Pasar Baru, Jalan Sosial, BTN Sosial, HIS, SIL, Kampung Sereh, Hotel Horex, Rindam Ifar Gunung, Jalan Lintas Utara sampai belakang Kantor Bupati, Doyo Lama, Kehiran, Kwadeware, Sosiri, Kanda, Yakonde, dan Boroway.

Loading...
;

“Saat ini kami sudah melakukan mobilisasi untuk perbaikan infrastruktur kelistrikan yang ada di daerah Sentani dan sekitarnya. Kami juga memfokuskan pada tempat-tempat vital seperti posko penanggulangan bencana, rumah sakit, dan lainnya” ujarnya.

Pihaknya juga memiliki posko darurat yang berada di Kantor ULP PLN Sentani guna memperlancar proses pemulihan.

“Besok (18/3/2019) kami sudah mempersiapkan kurang lebih 90 personel dalam memperbaiki infrastruktur. Saat ini kami juga sedang melakukan pengecekan material apa saja yang dibutuhkan. Semoga untuk hari ini beberapa lokasi dapat kembali terlistriki meskipun belum optimal,” katanya.

Atas nama PLN, Ari memohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan yang terdampak banjir bandang dan sementara belum dapat dialiri listrik.

“Mohon doa dan dukungannya agar secepatnya pasokan listrik kembali pulih dan para tim yang bekerja diberi kesehatan dan keselamatan dalam proses pemulihannya,” ujarnya.

Dari pantauan Jubi di lapangan, mulai dari Kampung Doyo Baru hingga Pasar Lama Sentani, semua fasilitas umum rusak parah, puluhan unit kendaraan terdampar di jalan raya.
Jalan raya dipenuhi lumpur, dan sisa bongkahan pohon besar yang dibawa oleh banjir semalam.

Landasan pacu Adventist Aviation Mission, hanggar pesawat, satu unit pesawat dan helikopter yang parkir di hangar juga terseret arus banjir sejauh ratusan meter hingga mencapai ruas jalan raya.

Perumahan warga yang berada di sekitar bandara itu juga rusak parah dan tertimbun pasir.

BTN yang berdekatan dengan Polres Jayapura sebagian besar tertimbun lumpur dan pasir serta bongkahan pohon-pohon yang hanyut dari gunung di belakang RSUD Yowari.

Rumah warga yang tinggal di daerah Kemiri sebagian besar tertimbun pasir hingga menenggelamkan setengah rumah. (*)

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top