Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

PLN tidak berwenang membangun lampu jalan Jayapura – Sentani

Danau Sentani – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | JubiJayapura, Jubi – Keluhan para pengguna jalan Jayapura – Sentani yang gelap di saat malam karena dilangkapi lampu penerangan jalan umum ditanggapi Area Manager Unit Pelaksanaan Pelayanan Pelanggan (UP3) PT PLN Jayapura, Salmon Kareth. Kareth menyatakan PLN tidak berwenang membangun penerangan jalan umum di sana, namun PLN siap mengalirkan listrik jika Pemerintah Kabupaten Jayapura telah membangunnya.

Selepas tapal batas yang memisahkan Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, perjalanan malam menuju Sentani, ibukota Kabupaten Jayapura, menjadi gelap gulita. Jalan menuju Bandar Udara Internasonal Sentani itu hingga kini tidak dilengkapi lampu penerangan jalan umum.

Kareth menyatakan PLN selalu penyedia energi listrik tidak memiliki wewenang membangun penerangan jalan umum. Kareth menegaskan PLN tidak memiliki kewenangan maupun kewajiban untuk mengurus penerangan jalan, gang, ataupun penerangan lingkungan kawasan permukiman.

“Pembangunan penerangan jalan umum merupakan wewenang pemerindah daerah setempat. Jika ruas jalan itu masuk wilayah Pemerintah Kota Jayapura, Pemerintah Kota Jayapura yang berwenang membangun. Jika ruas jalan itu masuk wilayah Kabupaten Jayapura, Pemerintah Kabupaten Jayapura yang boleh membangun,” kata Kareth kepada Jubi, Selasa (12/3/2019).

Kareth menyatakan setiap membayar tagihan listrik para pelanggan juga membayar Pajak Penerangan Jalan (PPJ). Kareth membenarkan bahwa PPJ dari pelanggan itu setiap bulannya diterima oleh PLN.

Loading...
;

“Akan tetapi, hasil dari PPJ yang terkumpul itu selalu kami serahkan kepada pemerintah daerah. Pemerintah daerah bisa memakai PPJ yang sudah kami serahkan untuk membangun fasilitas penerangan jalan umum. Silahkan saja bertanya ke pemerintah daerah setempat, supaya masalah ini menjadi jelas,” kata Kareth.

Yanto, salah satu warga Perumnas I Waena, Kota Jayapura, mengaku harus berhati-hati setiap kali menempuh perjalanan malam dari dan menuju Sentani. Penerangan jalan umum di ruas jalan itu hanya ada di lokasi tertentu. “Kalau tidak hati-hati bisa repot sendiri. Orang menyebarang jalan saja bisa tidak terlihat karena jalan itu terlalu gelap,” kata Yanto

Rohana Wenggi, warga Kota Jayapura lainnya, juga mengeluhkan gelapnya jalan dari dan menuju Sentani.  “Kalau saya harus pulang dari Jayapura ke Yahim pada malam hari, memang harus berhati-hati karena gelap,” katanya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top