Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

PM Israel Serukan Penolakan Kesepakatan Buruk Nuklir Iran

Washington, Jubi/Antara/Xinhua-OANA – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Selasa (3/3) menyerukan penolakan kesepakatan nuklir buruk dengan Iran, dan berkeras kesepakatan semacam itu akan memungkinkan Teheran membuat senjata nuklir.

“Kita lebih baik beranjak” tanpa kesepakatan buruk dengan Iran, kata pemimpin “hawkish” Israel tersebut dalam sidang gabungan Kongres AS, dalam tindakan yang menambah tegang hubungannya –yang sudah sering tegang– dengan Pemerintah Presiden AS Barack Obama.

Ia menyatakan kesepakatan akhir melalui perundingan akan membuat “konsesi sangat besar” kepada Iran dengan membiarkan Republik Islam itu “dengan prasarana nuklir yang sangat besar” dan memberinya “jeda singkat untuk membuat bom”. Kesepakatan tersebut, katanya, juga “memberi Iran konsesi” dengan mencabut semua pembatasan atas program nuklirnya selama setidaknya satu dasawarsa.

“Itu sebabnya mengapa kesepakatan ini sangat buruk,” kata Netanyahu, sebagaimana diberitakan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu pagi. “Itu tidak menghalangi jalur Iran ke bom, itu melicinkan jalan Iran ke bom.” Saat Netanyahu berbicara, Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengadakan babak lain pembicaraan dengan timpalannya dari Iran Mohammad-Javad Zarif di Swiss, pembicaraan kedua mereka dalam beberapa hari. Sementara itu, upaya ditingkatkan oleh apa yang disebut kelompok P5+1 –Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia, Tiongkok ditambah Jerman– untuk menyusun penjabaran kesepakatan menyeluruh –yang direncanakan dicapai pada akhir Maret– dan kesepakatan akhir dirancang dicapai pada penghujung Juni.

Teheran sepakat untuk merundingkan kesepakatan menyeluruh mengenai program nuklir kontroversialnya berdasarkan kesepakatan sementara yang dicapai pada November 2013 dengan kelompok P5+1. Berdasarkan kesepakatan sementara tersebut, Iran juga berjanji akan membekukan sebagian kegiatan nuklirnya sebagai imbalan bagi diredakannya sanksi.

Loading...
;

Kedua pihak telah dua kali gagal memanfaatkan tenggat untuk mencapai kesepakatan.

Di Washington Netanyatahu mengatakan kepada anggota parlemen AS bahwa berdasarkan kesepakatan yang berpotensi dicapai, “tak satu instalasi nuklir pun akan dimusnahkan, ribuan mesin sentrifugal yang digunakan untuk memperkaya uranium akan dibiarkan beroperasi”, dan “ribuan lagi akan diputus untuk sementara, bukan dimusnahkan”.

Pemimpin Israel itu telah menyerukan perlucutan program pengayaan uranium Iran berdasarkan kesepakatan apa pun, sasaran yang dikatakan Pemerintah Obama tak mungkin diwujudkan. (*)

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top