HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

PMI salurkan bantuan untuk korban banjir Sentani

Prosesi penyerahan bantuan korban banjir bandang Sentani oleh PMI – Jubi/Victor Mambor.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Raut ceria tergambar di wajah para pengungsi korban bencana banjir Sentani saat Palang Merah Indonesia (PMI) datang membawa sejumlah bantuan untuk beberapa titik pengungsian di Jayapura.

Salah seorang pengungsi Norlince Nere mengaku berterima kasih atas banyaknya bantuan yang datang untuk pengungsi korban banjir. Menurutnya, bantuan yang datang membantu para pengungsi untuk bangkit setelah banjir bandang menerjang tempat tinggal mereka beberapa waktu lalu.

“Kami mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh PMI, karena bantuan tersebut sangatlah bermanfaat untuk keluarga selama berada di lokasi pengungsian saat ini,” ucap Norlince Nere, salah satu penerima bantuan pengungsi dari kampung Asei Kecil Sentani Timur. Rabu, (27/3/2019).

Sementara itu, Palang Merah Indonesia (PMI) saat ini terus mengupayakan penyaluran bantuan kepada pengungsi yang tersebar di beberapa titik seperti kampung Asei kecil dan Nandeli di Distrik Sentani Timur. Ketua Harian PMI Provinsi Papua Zakius Degey mengatakan, penyaluran bantuan ini dilakukan PMI sebagai salah satu langkah tanggap darurat bencana di Sentani, Jayapura.

Loading...
;

“Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk membantu kebutuhan para pengungsi pada saat kondisi tanggap darurat bencana seperti saat ini,” kata Ketua Harian PMI Provinsi Papua Zakius Degey.

Menurut Zakius, untuk paket bantuan yang disalurkan PMI juga berasal dari PMI Pusat dan IFRC. Mereka sudah mendistribusikan berbagai jenis kebutuhan untuk pengungsi yang meliputi paket kebutuhan keluarga (family kit), terpal, dan paket peralatan kebersihan (hygiene kit).

“Kita berharap paket bantuan tersebut bisa bermamfaat untuk meringankan penderitaan para korban yang terdampak yang sampai saat ini masih berada di pengungsian,” kata Zakius.

Di tempat yang sama, Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat Arifin M. Hadi menambahkan, selain bantuan logistik, PMI Pusat juga mengirimkan armada tangki air bersih untuk mendukung pelayanan bagi pengungsi.

“Fokus pelayaan PMI saat ini adalah membantu pemerintah dalam upaya proses penanganan tanggap darurat bencana banjir bandang dengan berbagai kegiatan pelayanan pendukung lainnya seperti distribusi bantuan, water sanitasi and hygiene (WASH), pelayanan kesehatan dan pendampingan pelayanan psikososial support program (PSP),” pungkas Arifin.  (*)

 

Editor       :  Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top