Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Polda Metro Jaya mangkir, praperadilan aktivis Papua ditunda

Surya Anta Ginting di tahanan. – Ist

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sidang perdana praperadilan aktivis Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WP) Surya Anta Ginting, dan mahasiswa/aktivis Papua di antaranya Charles Kossay, Dano Tabuni, Isay Wenda, Ambrosius Mulait dan Arina Elopere, yang rencananya digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019), akhirnya ditunda.

Dikatakan salah satu Tim Advokasi Papua yang mendampingi para tersangka, Michael Himan, sidang ditunda dua pekan sampai pada 25 November 2019 nanti, karena ketidakhadiran pihak Polda Metro Jaya.

“Kami sampaikan demi tegaknya hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), agar memberikan kepastian hukum dan keadilan bagi keenam tersangka aktivis Papua,” kata Himan, Senin (11/11/2019).

Dia bersama tim mengaku kecewa karena sidang perdana tersebut tidak dihadiri pihak Polda Metro Jaya. Mereka sempat mengajukan keberatan, agar sidang hanya ditunda seminggu, namun permintaan itu ditolak majelis hakim. “Dengan alasan kepatutan sidang,” katanya.

Loading...
;

Dilansir dari Suara.com, Tim Advokasi Papua menyebut praperadilan ini diajukan, atas dugaan proses penetapan tersangka yang tidak sah oleh Polda Metro Jaya. Menurut tim ini, polisi seharusnya mengacu pada Peraturan Kepala Bareskrim Polri Nomor 3 tahun 2014 tentang SOP pelaksanaan penyidikan tindak pidana (Perkaba 3/2014), sebelum melakukan penangkapan. Gugatan praperadilan itu telah terdaftar di PN Jakarta Selatan dengan nomor perkara 133/PID.PRA/2019/PN.JKT.SEL, tertanggal 22 Oktober 2019.

Terpisah, Ketua AMP, Jhon Gobay, mengungkapkan kekecewaannya atas ketidakhadirkan pihak kepolisian, yang mengakibatkan sidang praperadilan tertunda selama dua pekan.

“Itu membuat masa tahanan kawan-kawan kami semakin lama. Saya duga ini ada unsur kesengajaan atas ketidakhadiran polisi, untuk mengulur-ulur waktu. Padahal dua minggu sebelum sidang praperadilan, sudah diberitahukan oleh pihak pengadilan setempat,” katanya. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top