Polda Papua Barat – Kodam Kasuari aktifkan kembali patroli Garnisun

Polda Papua Barat – Kodam Kasuari aktifkan kembali patroli Garnisun

Rapat Forkopimda Papua Barat hari ini, Polda dan Kodam Kasuari sepakat aktifkan patroli Garnisun. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Manokwari, Jubi – Melihat fenomena tingginya tindak kejahatan di tengah lingkungan masyarakat, Polda Papua Barat dan Kodam Kasuari bersepakat mengaktifkan kembali patroli gabungan (garnisun).

Harapannya, garnisun mampu menertibkan berbagai tindak kejahatan. Salah satu sasarannya adalah minuman keras (Miras) yang dinilai kerap jadi pemicu berbagai tindak kriminal.

Kapolda Papua Barat, Brigjen Rudolf Alberth Rodja, mengatakan rencana pembentukan tim patroli gabungan atau garnisun itu telah disepakati bersama Pangdam Kasuari Mayjen TNI Joppie Onisimus Wayangkau dan disaksikan Wakil Gubernur Papua Barat Muhammad Lakotani dalam rapat Forum Komunikasi Unsur Pimpinan Daerah (Forkopimda), Rabu (13/3/2019) di Mapolda Papua Barat.

“Atas usulan tokoh masyarakat, tokoh agama dan sejumlah elemen masyarakat, maka kami segara aktifkan patroli garnisun dalam waktu dekat. Jika sudah dibentuk tingkat Polda dan Kodam, maka akan dilaksanakan pula di Polres dan Kodim jajaran seluruh kabupaten/kota,” ujar Rodja.

Rodja bilang, selama ini ada pos-pos terpadu yang terdiri dari anggota Polisi dan TNI untuk membantu pengamanan di tempat-tempat umum, seperti pasar dan pusat keramaian lain. Tapi fungsi tugas mereka terbatas. Melalui patroli Garnisun nanti mereka akan lebih intens melakukan pengamanan di setiap titik lokasi.

“Tugas patroli Garnisun akan lebih mobile di lingkungan masyarakat. Dan diharapkan bisa menekan tingginya angka kriminal jelang dan pasca Pemilu 2019,” ujar Rodja.

Dikatakan, patroli Garnisun akan berlaku seterusnya, bukan saja pada momentum Pemilu 2019. Tapi selanjutnya terus berlangsung. Karena merupakan atensi publik demi terciptanya Papua Barat yang aman, damai dan kondusif.

“Secara teknis, kami akan libatkan personel Polda, Brimob TNI AD dan TNI AL dalam tim patrol garnisun ini,” ujar Rodja mengakhiri. (*).

Editor: Syam Terrajana

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)