HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Polda Papua berupaya cegah penyalahgunaan senjata api oleh polisi

Suasana pemeriksaan senjata api anggota Polres Jayawijaya. – Dok Humas Polda Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –  Kepolisian Daerah Papua berupaya mencegah penyalahgunaan senjata api oleh anggotanya. Pernyataan itu dikatakan Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal kepada Jubi, Rabu (12/6/2019).

Kombes Pol AM Kamal menyatakan Kapolda Papua, Inspektur Jenderal Polisi Rudolf Alberth Rodja menurut telah mengingatkan para kepala satuan polisi tingkat kewilayahan kabupaten/kota di Papua untuk tidak memberikan atau menguasakan senjata api kepada polisi yang masih mengonsumsi minuman beralkohol. “Ini sebagai salah satu upaya Polda Papua mencegah terjadinya penyalahgunaan senjata api oleh anggota Polri di Papua,” kata Kamal.

Baca juga Kapolda Papua akui polisi menembak tiga warga sipil

Kamal menjelaskan, pengaruh minuman beralkohol dapat membuat polisi yang memegang senjata api kehilangan kontrol dan menyalahgunakan senjata apinya. “Kapolda Papua juga telah mengingatkan seluruh anggota agar tidak menggunakan senpi semena-mena. Ada aturannya ketika akan menggunakan senpi,” ujarnya.

Loading...
;

Sepanjang 2019, telah terjadi sejumlah kasus penembakan oleh polisi maupun tentara yang menewaskan enam warga sipil di Papua, dan melukai lima warga lainnya. Pada 15 April, seorang polisi, Bripda AK yang sedang terlibat perselisihan keluarga, melepaskan tembakan yang melukai tiga orang warga tiga warga sipil di Asei Kecil Sentani Kabupaten Jayapura. Ketiga warga itu adalah, Apner Kaigere (43 tahun, yang terkena dibagian dada), Andi Hengga (36 tahun, terkena pantat), dan Niko Kaigere (tertembak di bagian kaki kanan).

Baca juga Wakil Ketua DPRD Deiyai: Dogopia tidak pernah merusak mobil polisi

Pada 21 Mei 2019, polisi menembak warga Kabupaten Deiyai, Melianus Dogopia, warga yang mabuk dan memalak mobil yang melintas di Waghete. Penembakan itu menimbulkan amuk massa yang membakar markas Kepolisian Sektor Tigi pada 21 Mei malam. Saat menghalau massa, polisi melepaskan tembakan, dan salah satu tembakan itu menewaskan Yulianus Mote.

Pada 27 Mei 2019, Serka FR, prajurit Detasemen Zeni Tempur 11/Mit Anim di Kabupaten Merauke menembak warga di Distrik Fayit, Kabupaten Asmat. Penembakan itu menewaskan empat orang warga-Xaverius Sai (40), Nilolaus Tupa (38), Matias Amunep (16) dan Fredrikus Inepi (35). Seorang warga lainnya, Jhon Tatai (25), tertembak di bagian tangan kanan dan kiri, dan tangan kiri Tatai diamputasi karena luka tembak itu.

Baca juga Oknum TNI penembak lima warga Asmat bukan anggota Koramil Fayit

Pada 4 Juni 2019 dini hari, Brigadir RK yang mabuk menembak tewas warga Merauke bernama Yohanes Octo Moiwend. Penembakan itu terjadi di sebuah cafe yang berada di kampung Wogekel, Distrik Ilyawab, Kabupaten Merauke.

Dalam beberapa hari terakhir sejumlah Kepolisian Resor (Polres) di Papua memeriksa senjata api yang dipegang polisi dalam satuannya. Polres yang telah melakukan pemeriksaan senjata api itu di antaranya Polres Lanny Jaya, Polres Yahukimo, Polres Puncak Jaya, Polres Jayawijaya, Polres Kepulauan Yapen, Polres Waropen, dan Polres Mimika.

Baca juga Mabuk, oknum polisi di Merauke tembak warga hingga tewas

Wakil Kepala Kepolisian Resor Jayawijaya, Ajun Komisaris Polisi Leonardo Yoga mengatakan pihaknya memeriksa dan mendata kembali anggota yang memegang senjata api untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan. “Ini sesuai petunjuk dari Kapolda Papua yang ingin penggunaan senjata api oleh polisi yang bertugas di lapangan benar-benar sesuai prosedur,” kata AKP Leonardo Yoga.

Kepala Bagian Sumber Daya Polres Mimika, Komisaris Polisi Arifin mengatakan hal yang sama. Menurutnya, anggota Polri yang memegang senpi harus lolos tes psikologi dan memenuhi syarat yang ditentukan. “Pemeriksaan ini juga untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan senjata api dinas, seperti yang telah terjadi di daerah-daerah lain,” ujar Kompol Arifin.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top