Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Polemik GOR Toware harus selesai sebelum pengesahan APBD

Rombongan Komisi B DPRD Kabupaten Jayapura mengunjungi GOR Toware, Jumat (22/11/2019) – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Komisi B DPRD Kabupaten Jayapura prihatin terhadap kondisi Gedung Olahraga (GOR) Toware di Distrik Waibhu. Jalannya masuknya masih diblokade masyarakat dengan timbunan material bangunan. Kondisi dalam gedung juga tidak kalah mengenaskan.

“Lampu-lampu ruangan, dan kaca jendela sudah tidak ada (hilang). Lantai dan dindingnya penuh kotoran hewan,” kata Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Jayapura Eymus Weya, seusai meninjau GOR Toware, Jumat (22/11/2019).

Weya bersama tujuh anggota komisinya mengunjungi GOR Toware untuk mendapatkan gambaran langsung mengenai kondisi fasilitas publik tersebut. Mereka akan menyurati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, pihak keamanan, dan pemilik ulayat untuk diajak menuntaskan permasalahan tersebut.

“Bupati mengaku pembangunannya sudah mendapat izin dari masyarakat adat. Kenapa (saat ini) masih ada persoalan. Ini perlu ada titik temu (penyelesaian) dari semua pihak,” jelas Weya.

Loading...
;

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Jayapura Yohanes Hikoyabi menyatakan polemik GOR Toware sudah harus diselesaikan sebelum penetapan APBD 2020. Itu agar masalah tersebut tidak menghambat mekanisme penganggaran daerah.

“Dulu, eksekutif (Pemkab Jayapura) telah membayar (ganti rugi penggunaan lahan) kepada pemilik ulayat. Kalau (dana ganti rugi) dianggarkan lagi, akan besar silpa (sisa lebih penggunaan angaaran) yang dikembalikan ke kas daerah,” kata Hikoyabi.

Bupati Mathius Awoitauw pernah menyatakan pengelolaan GOR Toware yang merupakan aset Pemkab Jayapura tersebut akan diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat setempat. Karena itu, dibutuhkan koordinasi dan kerja sama kedua belah pihak. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top