Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Polisi dalami dugaan rangkaian mafia kayu di Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol A.M. Kamal mengatakan kepolisian tengah mendalami dugaan adanya mafia besar di balik illegal logging di Papua. 

"Rangkaian benang merahnya sedang didalami, keterkaitan dengan beberapa orang di dalamnya atau kemungkinan tersangka lainnya," kata Kombes Pol. A.M. Kamal, Selasa (29/1/2019). 

Menurutnya, kasus illegal logging tidak berdiri sendiri, namun melibatkan berbagai pihak. Tidak hanya orang di lapangan (penebang kayu illegal), juga dari sisi administrasi, hingga pemilik modal. 

"Pemilik modal inikan banyak. Ada di Jayapura, Makassar (Sulawesi Selatan), di Pulau Jawa, Surabaya (Jawa Timur)," ujarnya.

Loading...
;

Katanya, selain beberapa alasan lain, hal ini jugalah yang menjadi pertimbangan Mabes Polri sehingga mengambil alih penangan kasus dugaan pemerasan yang melibatkan Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Papua, JJO.

Sementara anggota DPR Papua dari kursi pengangkatan, John NR Gobai menduga ada pihak yang berupaya menjebak JJO lantaran yang bersangkutan bersama tim Dishut Papua menyita kayu tanpa izin beberapa waktu lalu. 

"Yang dilakukan JJO dan tim Dinas Kehutanan Papua adalah tugas negara. Siapa pemilik kayu itu, sehingga merasa terganggung dan merancang jebakan untuk JJO," kata Gobai. 

Katanya, hal tersebut patut dipertanyakan lantaran di Papua diduga banyak pihak yang ikut terlibat dalam illegal logging, mulai dari proses penebangan kayu, angkut, hingga kayu dimuat di pelabuhan. (*) 

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top