Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Polisi regional Pasifik bergabung dukung referendum Bougainville

Komisaris Polisi Kepulauan Solomon, Matthew Varley. – RNZI/Solomon Islands UNDP

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wellington, Jubi – Dua petugas kepolisian dari Kepulauan Solomon telah meninggalkan negara itu, untuk bergabung dengan kelompok polisi regional Pasifik lainnya, untuk mendukung pelaksanaan referendum kemerdekaan Bougainville bulan depan.

Misi pengamanan yang dikenal dengan Bougainville Referendum Regional Police Support Mission tersebut, akan tiba di daerah otonom Papua Nugini itu sebelum pemungutan suara dimulai.

Seluruh kontingen beranggotakan hampir 30 polisi itu akan dipimpin oleh Selandia Baru, dan terdiri dari polisi asal Australia, Fiji, dan Vanuatu.

Dua petugas dari Kepolisian Kepulauan Solomon (RSIPF), Francis Ramoni dan Marcillar Haga, telah berangkat ke Wellington untuk bergabung dengan anggota lain dari misi tersebut.

Loading...
;

Rombongan itu akan berangkat ke Bougainville minggu depan dan tinggal di sana, sampai pemungutan suara yang akan dimulai pada 23 November dan berlangsung sekitar dua minggu. Mereka pulang setelah penghitungan suara selesai pada pertengahan Desember.

Semua negara yang berpartisipasi dalam misi kepolisian itu, adalah penandatangan Perjanjian Perdamaian Bougainville 2001.

“RSIPF merasa bangga telah dilibatkan dalam misi kepolisian yang tidak bersenjata ini, untuk memberikan saran dan mendukung Kepolisian Bougainville Bougainville Police Service selama referendum bulan depan,” kata Komisaris RSIPF, Matthew Varley.

“Polisi dari kawasan ini, termasuk Australia dan Selandia Baru, sudah membantu Kepulauan Solomon, di bawah naungan Misi Bantuan Regional ke Kepulauan Solomon (RAMSI), keluar dari apa yang sekarang disebut sebagai konflik sosial, dan membantu RSIPF hingga bisa menjadi seperti sekarang, kesatuan yang kuat dan cakap.”

“Sudah sepatutnya ada anggota RSIPF yang membantu tetangga Melanesia lainnya dalam saat-saat seperti ini.”

Misi dukungan polisi regional ini merupakan bagian dari paket dukungan Selandia Baru senilai NZ$ 4,3 juta, untuk referendum Bougainville yang akan dimulai 23 November hingga 7 Desember mendatang. (RNZI)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top