Polsek KP3 Bandara Wamena antisipasi penimbunan Sembako

Polsek KP3 Bandara Wamena antisipasi penimbunan Sembako

Barang kebutuhan pokok di Apron kargo Bandara Wamena-Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Kepolisian Resor Jayawijaya akan terus melakukan pengawasan terhadap peredaran barang-barang yang masuk melalui penerbangan kargo/barang selama bulan ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri nanti.

Kapolsek KP3 Bandara Wamena, Ipda Enceng Kurniadi kepada wartawan di Wamena, Selasa (14/5/2019) mengatakan, hal ini dilakukan guna memastikan tak ada penumpukan atau upaya penimbunan sembako yang dilakukan oleh para pedagang, serta mencegah masuknya barang terlarang seperti minuman beralkohol yang masuk lewat penerbangan kargo.

“Pengawasan sesuai edaran dari Disnakerindag Jayawijaya, setiap barang -barang Sembako yang masuk dicek lagi baik masa kedaluwarsanya dan penumpukan barang,” katanya.

Untuk mengantisipasi itu, kepolisian sektor Bandara Wamena menempatkan sejumlah personel yang bertugas setiap harinya melakukan pengecekan barang yang masuk dari Jayapura ke Wamena.

“Untuk barang terlarang seperti minuman beralkohol dan petasan, terus melakukan upaya, dimana beberapa hari lalu sempat ada informasi jika adanya miras yang masuk, namun setelah dicek tidak ditemukan, kemungkinan penyelundupan minuman ini melalui jalur darat,” katanya.

Kepala bidang perdagangan Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Jayawijaya, Arisman Chaniago memastikan jika harga kebutuhan pokok masyarakat di daerah itu masih dalam kategori stabil dan terkendali.

“Memang hasil pertanian seperti cabpai dan bawang putih diinformasikan naik di pasaran lantaran ketersediaan stok kurang. Namun secara menyeluruh di pasaran Wamena sampai saat ini belum ada kenaikan harga,” kata Arisman.

Ia menjelaskan, kenaikan harga cabe rawit sebelumnya Rp. 80.000 menjadi Rp. 100.000 per kilogram, bawang putih sebelumnya Rp. 60.000 kini mengalami kenaikan Rp. 80.000 per kilo.

“Pedagang dilarang menaikan harga secara sepihak dari harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah, sebab kalau ada pedagang yang coba-coba menaikkan harga sepihak, maka ada tindakan yang diambil oleh pemerintah melalui Disnakerindag,” katanya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)