Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

PON 2020 bakal bersuasanakan pesona wisata

Bupati Mathius Awoitauw (kedua dari kiri) saat mengunjungi Kampung Entiyebo di Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Senin (18/11/2019) – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pelaksanaan Festival Danau Sentani (FDS) tahun depan bersamaan waktunya dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Pemerintah Kabupaten Jayapura pun menyiapkan sejumlah paket wisata selama dua pekan penyelenggaraan PON.

“FDS XII bersamaan dengan pembukaan PON 2020. Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan sebagai lokasi pembukaan PON berdekatan dengan lokasi FDS, yakni di Pantai Khalkote. Karena itu, PON pada kali ini benar-benar bersuasanakan pariwisata,” kata Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, Minggu (1/12/2019).

Bupati Awoitauw mengatakan PON 2020 merupakan yang pertama kali digelar di Papua. Secara geografis, Papua sangat jauh dari wilayah lain di Indonesia. Sangat disayangkan apabila atlet datang ke Papua hanya untuk bertanding.

“Setelah kegiatan PON, peserta atau ofisial masih punya waktu untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Karena itu, ada paket-paket wisata yang sudah disiapkan (buat mereka),” ujar Awoitauw.

Loading...
;

Paket perjalanan tersebut meliputi kunjungan ke lokasi wisata alam, pusat kuliner maupun kerajinan tangan. Salah satu paket andalan ialah menikmati panorama Danau Sentani.

“Mereka juga bisa mengunjungi hutan untuk menyaksikan langsung aktraksi cenderawasih menari.  Selain itu, menikmati makanan khas dan membeli kerajinan tangan ala Papua,” jelas Bupati Awoitauw.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura Joko Sunaryo menambahkan mereka juga memberdayakan masyarakat untuk mendukung penyelenggaraan PON. “Selain bantuan modal, masyarakat dibekali pelatihan usaha kerajinan tangan, pengelolaan warung, home stay hingga perhotelan.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top