Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Potensi Danau Sentani harus dikelola baik

Aktivitas nelayan di Danau Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani merupakan danau terluas di Papua. Di danau ini juga terdapat 24 buah pulau kecil menghiasi danau yang indah ini.

Dari sisi potensi wisata Danau Sentani layak untuk dikelola sebagai tempat kunjungan bagi siapa saja yang ingin menikmati indahnya danau tersebut.

“Danau Sentani memang harus dikelola dengan sebaik mungkin. Kita harus bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan danau ini bagi kita,” ujar Asisten III Setda Kabupaten Jayapura, Timoteus Demetouw, saat ditemui di Sentani, Kamis (7/11/2019).

Menurutnya, Danau Sentani memiliki panorama yang sangat indah, apalagi dikelilingi kampung dan pulau di pesisirnya.

Loading...
;

Dinas terkait sebenarnya bisa memanfaatkan danau ini sebagai tempat kunjungan wisata, baik wisata dalam negeri maupun mancanegara, tinggal bagaimana mengelola publikasi dan fasilitas pendukung lainnya.

Dikatakan, habitat endemik di Danau Sentani seperti ikan gabus, mujair, gete-gete, dan ikan sembilan memang sebagian sudah tidak mudah dijumpai tetapi masih banyak yang dapat dikelola sebagai sumber pendapatan ekonomi bagi masayarakat.

“Danau yang luas dengan air yang melimpah, harus tetap terjaga dari sampah, penyempitan kawasan karena pembangunan, sagu-sagu yang di pinggirnya tidak boleh ditebang karena memiliki daya tarik tersendiri,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat Suku (DAS) Sentani, Demas Tokoro, mengatakan sebagian Danau Sentani sudah dipenuhi sampah. Saatnya pemerintah dan masyarakat bergotong royong memulihkan Danau Sentani. Apalagi menjelang PON XX/2020 nanti, akan banyak tamu yang berkunjung ke daerah ini, secara khusus ke Danau Sentani.

“Sebagai orang Sentani dengan kebiasaan dan adat istiadat sejak nenek moyang kami, danau ini ibarat mama yang menghidupi semua masyarakat yang mendiami pesisirnya. Danau ini harus benar-benar dijaga dan dilestarikan dengan baik,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top