HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Potensi perekonomian orang asli Papua harus diproteksi

Ketua Dewan Adat Deiyai Frans Mote. – Jubi/Hengky Yeimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Waghete, Jubi – Ketua Dewan Adat Deiyai Frans Mote mengatakan potensi perekonomian orang asli Papua di Kabupaten Deiyai, Papua harus diproteksi, agar orang asli Papua dapat menjadi aktor utama dalam aktivitas ekonomi di Deiyai. Mote menegaskan, upaya proteksi itu dalam dilakukan pemerintah dengan menggandeng Kamar Adat Pengusaha Papua atau KAPP.

Hal itu dinyatakan Frans Mote di Waghete, Kabupaten Deiyai, Papua, Jumat (9/8/2019). “Kalau ekonomi kita dikuasai oleh orang lain, masyarakat [asli Papua akan] tersingkir. Kehadiran KAPP [dapat] membantu menyelamatkan masyarakat, minimal dengan membuat pelatihan wirausaha, agar masyarakat bisa bangkit,” kata Mote.

Ia menyatakan peran aktif para pelaku usaha asli Papua dalam kegiatan ekonomi yang bertumbuh merupakan kunci untuk mengangkat kesejahteraan orang asli Papua. “[Kegiatan] ekonomi penting untuk menunjak kebutuhan keluarga. Keluarga bisa sejahtera apabila ekonomi bisa bangkit,” katanya.

Mote menegaskan pihaknya akan terus melarang orang asli Papua menjual tanah mereka, sebab tanah merupakan sumber penghidupan terpenting orang asli Papua.  “Melalui tanah mereka bisa berkebun, dan menghasilkan uang. Tanpa tanah, tidak mungkin masyarakat [bisa bertahan] hidup [dan meningkatkan kesejahteraan mereka],” katanya.

Loading...
;

Ketua sementara Pemuda Katolik Kabupaten Deiyai, Dominikus Badii mengatakan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Deiyai harus memproteksi sumber penghidupan orang asli Papua. Badii menyatakan, salah satu bagian terpenting dari proteksi sumber penghidupan orang asli Papua adalah melindungi penguasaan tanah ulayat oleh masyarakat adat di Deiyai.

“Kami mendukung seruan Dewan Adat Deiyai untuk menyelamatkan tanah adat. Tanah adat ini sangat sakral, dan penting dalam upaya meningkatkan ekonomi dan keberlangsungan generasi muda Deiyai,” katanya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top