Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

PR III Uncen: Untuk mencapai titik tertentu Papua butuh SDM kuat

Pembantu Rektor III Uncen Jonatan K.Woromi- Jubi/David Sobolim

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Potensi Sumber Daya Alam (SDA) Papua yang begitu besar. Hutannya begitu luas. Namun SDA itu belum sepenuhnya dikuasai oleh orang Papua.

Pembantu Rektor III Universitas Cenderawasih (Uncen) Jonathan K. Wororomi mengatakan Papua harus membutuhkan dan mempersiapkan SDM yang kuat, untuk mencapai titik tertentu. Termasuk aspirasi untuk referendum.

“Jika mau keluar dari suatu bagian yang tertentu tanpa berhitung dan SDM yang kuat maka itu masalah,” kata dia Kamis (3/10/2019) di ruang kerjanya.

Dia mencontohkan Propinsi Quebec di Kanada mau referendum . Hasilnya, sebagian penduduk setempat ingin merdeka. Sedangkan sebagian lainnya ingin tetap bergabung dengan Kanada. Quebec melihat jika referendum akan menjadi masalah besar maka Kanada mengadakan dialog dengan Quebec .

Loading...
;

“Di kampus Uncen sering bicara referendum, tetapi untuk mencapai di titik itu memerlukan SDM yang kuat di berbagai bidang,” jelas dia.

Menurutnya saat ini Uncen fokus mempersiapkan SDM Papua. Papua sendiri butuh universitas dan politeknik yang spesifik di bidang tertentu agar mahasiswa tidak harus keluar negeri untuk kuliah.

“Potensi sumber daya alam terlalu besar dan mulai habis diambil, di situ SDM Papua harus ada,” ujarnya .

Sebelumnya Gubernur Papua Lukas Enembe kepada sejumlah siswa yang mendapatkan beasiswa Rusia meminta mereka untuk fokus kuliah dan setelah selesai dan kembali ke Papua, mengelola Sumber Daya Alam Papua .

“ Jangan lagi pikir untuk merdeka tetapi pikir bagaimana untuk mengubah Papua ini depan,” kata Enembe.(*)

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top