Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pramuka dituntut mampu sesuaikan perkembangan zaman

 Peserta Pramuka saat dalam atraksi permainan – Jubi/Titus Ruban.

Nabire, Jubi – Gerakan Pramuka, dituntut mampu menyesuaikan perkembangan teknologi informasi agar bisa selaras dengan perkembangan zaman.

Meskipun begitu, tuntutan tersebut jangan sampai meninggalkan institusi dasar maupun metode kepramukaan yang telah menjadi ciri khas pendidikan kepanduan di Indonesia.

“Dengan mengikuti perkembangan, menunjukkan setiap kegiatan kepramukaan harus senantiasa fleksibel, terukur, dan terarah mengikuti perkembangan saat ini. Yang tidak kalah penting adalah pembinaan taraf siaga,” ujar Ketua Kwartir Cabang Pramuka Nabire, Blasius Nuhuyanan kepada Jubi, usai memimpin upacara peringatan HUT Baden Powell (BP), ke – 162 tahun 2019 di Nabire. Sabtu (23/02/2019).

Menurutnya, saat ini, gerakan pramuka telah melakukan dedikasi yang mengharuskan semua anggota pramuka meninggalkan pola pikir lama. Serta mengurangi kegiatan-kegiatan yang tidak sesuai dan menghambat perkembangan gerakan pramuka.

“Ini dirasakan penting, karena kita tahu pramuka sebagian adalah gerakan global yang telah memberikan kontribusi nyata dalam membangun suatu tatanan dunia yang lebih baik,” katanya.

Loading...
;

Adapun ujuan diadakannya kegiatan pesta siaga ini untuk mengamalkan Tri satya dan Dasa Dharma pramuka, serta meningkatkan karya dan bakti di masyarakat.

“Untuk itu saya tekankan kepada para pembina agar hal ini perlu mendapat perhatian yang serius, dan peningkatan kegiatan yang terarah dan berkesinambungan,” katanya.

Menurutnya, perkembangan jaman yang dimaksud adalah kondisi saat ini, agar selalu tidak ketinggalan. Perubahan – perubahan itu, selalu harus diikuti oleh generasi muda, khususnya bagi anggota pramuka secara keseluruhan.

“Bagi adik – adik adalah perlu belajar mandiri. artinya tanpa dukungan dari orang lain, harus mampu dan belajar hidup mandiri, hidup sederhana sesuai dengan pola yang ada dalam kehidupan pramuka. sehingga dapat memanfaatkan lingkungan, dalam semangat kemandirian,”ujarnya.

Dikatakan Blasius, dalam rangka memperingati HUT BP yang ke – 162, pesan – pesan Baden Powell harus disampaikan kepada peserta anggota pramuka agar dapat mengembangkan pola hidup kebersamaan dan kekeluargaan.

Sebagaimana dalam dasa dharma pramuka yakni kasih sayang sesama manusia. Sebagai wujud kepedulian terhadap apa yang menjadi rencana pencanangan revolusi mental, sebab pesan dan ajaran BP hingga perlu dikembangkan.

Salah satu pembina Pramuka, Donal Bonsafia mengatakan Pramuka berperan penting dalam pembentukan watak generasi muda.

Sebab menurutnya, bangsa ini membutuhkan generasi muda yang tidak hanya cerdas, tetapi juga memiliki karakter kuat, tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, hidup dalam kerukunan, kompak, dan selalu bersatu.

“Dan pramuka telah mewujudkan hal itu,” katanya.

Upacara peringatan HUT BP tahun 2019 diikuti oleh seluruh anggota Pramuka Kabupaten Nabire yang dilaksanakan di Taman Gizi Kelurahan Oyehe Nabire. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top