Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pre-polling pemilu pertama Kepulauan Solomon lancar

Kantor Pemilihan Kepulauan Solomon (SIEO) memutuskan untuk menggelar pemungutan suara Pre-polling pertama dimulai dengan petugas pemilu dan aparat kepolisian. – Solomon Times Online

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Pemilu awal (Pre-polling) pertama yang pernah dilaksanakan di Kepulauan Solomon telah berjalan dengan sukses, Kamis pekan lalu (21/3/2019), di Honiara dan di seluruh daerah ibu kota provinsi lainnya.

Manajer komisi pemilu untuk Honiara, Jude Devesi, berkata kepada koran Solomon Star, Kamis lalu, bahwa pre-polling itu berjalan lancar, meski ada beberapa masalah yang akan ia dilaporkan kepada atasannya di kantor pemilihan umum.

“Semuanya berjalan dengan baik, kecuali beberapa masalah terkait dengan beberapa petugas kepolisian, yang namanya tidak muncul dalam daftar pemilih, oleh karena itu tidak bisa memberikan suara mereka,” katanya. Para aparat itu keliling sepanjang Kamis kemarin, untuk mencari nama mereka, tetapi tidak dapat menemukannya.

“Jadi kami telah diperintahkan oleh kantor untuk menuliskan nama mereka dan menyelidiki mengapa nama mereka tidak dimasukkan,” katanya.

Loading...
;

Devesi berkata, di Honiara, pre-polling dilakukan di kantor polisi Rove, Central, dan Kukum dan hanya melibatkan petugas pemilu dan petugas kepolisian yang akan terlibat dan bekerja penuh dalam pemilu awal bulan depan. Ia menambahkan, semua petugas harus mendaftar agar mereka bisa dimasukkan dalam daftar pemilih pre-polling.

Kantor Pemilihan Umum Kepulauan Solomon (Solomon Islands Electoral Office; SIEO) telah merencanakan dan melakukan persiapan untuk menggelar pre-polling pertama, menjelang Pemilihan Umum Nasional 2019 selama beberapa waktu.

Menurut UU tentang Pemilihan Umum 2018 Pasal 94, seorang pemilih memenuhi persyaratan untuk memilih dalam pemungutan suara pre-polling, jika pemilih itu adalah seorang petugas pemilu yang akan terlibat dalam pelaksanaan pemilu pada hari pemungutan suara, atau seorang petugas polisi yang akan terlibat dalam pelaksanaan pemilu pada hari pemungutan suara, atau masuk dalam kelompok pemilih yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan peraturan.

SIEO telah memutuskan untuk menyelenggarakan pemungutan suara pre-polling pertama, di bawah ketetapan UU itu, dimulai dengan petugas pemilu dan petugas kepolisian. (Solomon Star News)

Editor : Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top