Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Presiden Kepulauan Marshall dilantik pekan ini

Presiden financial aid yang baru, David Kabua mengambil sumpah kepresidenan, sementara Ibu Negara yang baru, Ginger Kabua, memegang Alkitab. – RNZI/Hilary Hosaia

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Majuro, Jubi – Pelantikan resmi pemerintah baru Kepulauan Marshall, Presiden David Kabua, akan diadakan Senin (20/1/2020) di Majuro. Kepala-kepala negara mulai berdatangan selama akhir pekan ini untuk menghadiri upacara pelantikannya.

Menteri urusan Veteran AS, Robert Wilkie dijadwalkan untuk bergabung dengan Presiden Palau, Tommy Remengesau Jr., Presiden Federasi Mikronesia, David Panuelo, Presiden Nauru, Lionel Aingimea, dan kepala negara lain di Majuro, untuk upacara tersebut.

Upacara pelantikan resmi ini diadakan dua minggu setelah Kabua terpilih sebagai presiden kesembilan Kepulauan Marshall.

Kabua dan 10 anggota kabinetnya telah mengambil sumpah jabatan mereka 13 Januari lalu.

Kabinet baru itu termasuk anggota parlemen (MP) termuda dalam pemerintah Kepulauan Marshall, Menteri Pendidikan yang baru, Kitlang Kabua, yang terpilih untuk pertama kalinya dalam pemilu November lalu mewakili dapil Kwajalein di Nitijela (parlemen Kepulauan Marshall).

Berusia 28, ia adalah MP termuda yang pernah terpilih untuk Nitijela.

Loading...
;

Dia dan mantan Presiden Hilda Heine adalah hanya dua perempuan yang berhasil terpilih masuk ke Nitijela dengan 33 kursi tersebut.

Kabinet itu juga mencakup tiga mantan Presiden: Kessai Note untuk Kementerian Kehakiman, Christopher Loeak sebagai menteri pendukung Presiden atau Minister in Assistance to the President dan Menteri untuk Lingkungan Hidup, sementara Casten Nemra menjadi Menteri Luar Negeri yang baru.

Presiden yang baru diharapkan untuk menyampaikan pidato kenegaraan dalam upacara pelantikan pada Senin.

Dalam sambutan singkatnya ketika dia terpilih 6 Januari, Presiden Kabua menerangkan tiga agendanya saat ini yaitu negosiasi paket bantuan keuangan baru dengan Amerika Serikat, kekhawatiran tentang kontaminasi uji coba nuklir di bekas lokasi uji nuklir Atol Enewetak, dan perubahan iklim. (RNZI)

 

Editor : Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top