HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Presma USTJ protes pembangunan kafe dan kantin di lingkungan kampus

Dosen Teknik Lingkungan USTJ yang juga merangkap sebagai barista Bangku Taman, Gasper Bao bersama salah satu mahasiswa USTJ sedang menyeduh kopi dari kedai Bangku Taman. – Jubi/Ist.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) menilai kafe dan kantin yang beroperasi di lingkungan kampus USTJ hanya menguntungkan satu pihak saja. Ini karena pengoperasian kafe dan kantin sama sekali tak melibatkan mahasiswa dalam satu wadah seperti UKM kampus.

Ketua Presiden Mahasiswa USTJ Jayapura, Aleksander Gobai mengatakan, pembangunan kafe dan kantin yang ada di lingkungan kampus di satu sisi memang berdampak positif utamanya dari sisi ekonomi dan kehidupan bersosialisasi. Namun disisi lain, diduga ada keterlibatan dosen yang ikut mengelola bisnis di kampus tersebut.

“Tapi dengan melihat dinamika sekarang, hal negatif yang terjadi sekarang di kampus USTJ adalah di mana usaha yang ada tersebut terdapat keterlibatan dosen untuk menjalankan lahan bisnis dalam kampus tersebut,” kata Aleks ketika di temui jubi, Selasa (9/7/2019).

Kata Aleks, usaha yang ada di lingkungan kampus terlihat di dominasi oleh para dosen. Ia menyayangkan mahasiswa tak dilibatkan dalam kegiatan bisnis di kampus tersebut.

Loading...
;

“Dan sa (saya) meramalkan kedepan kampus USTJ ini kalau memang sudah lakukan pembisnisan ini terus-menerus dari tahun ke tahun bisa jadi kampus ini beruba nama Universitas Sains, Teknologi dan Bisnis USTJ karena awalnya sudah dilakukan dari jurusan Fakultas Ekonomi Sosial & Politik (FESOSPOL) dan di lanjutkan oleh Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan (FTSP) dan kedepan lagi pasti akan terjadi,” kata Aleks.

Dilansir Antara, Gaspar Bao Balabuana, dosen Teknik Lingkungan di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan USTJ mengklaim para mahasiswa dari kampus Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) mengembangkan diri dengan membuka ‘coffee shop’ atau kedai kopi Bangku Taman.

Kedai kopi yang coba diinisiasi olehnya itu untuk memberikan contoh bagaimana mengembangkan diri untuk berjiwa wirausaha atau entrepreneur. (*)

 

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top