Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Program Musrenbang Distrik Kota Jayapura diharap sentuh langsung masyarakat

Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru ketika berjabat tangan dengan ASN tingkat distrik – (Jubi/Hengky Yeimo).

Jayapura, Jubi – Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru berharap Musrenbang di seluruh kelurahan maupun distrik di wilayah itu, dapat merangkum program program dan kegiatan yang menyentuh langsung di masyarakat.

“Musrembang Distrik ini merupakan ajang penting. Ini forum tertinggi setelah Musrenbang tingkat kelurahan,” katanya kepada Jubi, Selasa (26/2/2029).

Rustan Saru mengatakan, tujuan diselenggarakan musyawarah ini agar dapat bersinergi serta berkolaborasi merumuskan dan menyepakati program dimasukkan RKP distrik.

“Setelah mereka merumuskan program dan kegiatan. Akan diteruskan di forum Musrembang tingkat kota. Setiap putusan harus dikawal bentuk dan delegasi,” katanya.

Rustan, ada prinsip yang harus dipatuhi melalui musyawarah dialogis. Jangan satu kelompok mendominasi dalam proses musyawarah.

Loading...
;

“Mungkin ada yang lemah, malu menyampaikan gagasan, silahkan kasih kesempatan. Jangan merasa hebat lalu menguasai forum. Harus berembuk satu sama lain,” katanya.

Lanjut Rustan, dalam bermusyawarah ada keputusan minimal lima hal. “Selesai Musrembang rencana kerja bangunan distrik. Tahun depan kedua prioritas kegiatan penting tingkat distrik dan lintas distrik,” katanya.

Dia berpesan kepada kepala distrik dan lurah untuk merumuskan dan membahas kegiatan dan program yang disepakati satu delegasi untuk mengawali.

“Kalau pulang ke masyarakat, sampaikan kepada masyarakat. Buat berita acara musrembang tingkat Distrik. Karena mengacu RPJMD pemerintah kota Jayapura. Semua terfokus perlu 45 miliar,” katanya.

Lanjut Rustan, ada dana kelurahan, mana SKPD semua ada keterbatasan. APBD kota tidak berubah. “Usulan ini dirampungkan sesuai kebutuhan orang banyak agar kegiatan bisa berjala dengan baik,” katanya.

Sementara itu Kepala Distrik Jayapura Selatan Jaya Kusuma mengatakan, setiap kelurahan sudah melakukan musyawarah sejak bulan Awal bulan Februari.

“Setelah kami bahas tingkat distrik lalu kami akan usulkan ke tingkat kota Jayapura,” katanya.(*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top