Program Prospek dan Gerbangmas dihapuskan

Program Prospek dan Gerbangmas dihapuskan

Gubernur Papua Lukas Enembe didampingi Sekda Papua Hery Dosinaen memberikan keterangan pers – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –  Pemerintah Provinsi Papua mulai tahun 2019 tidak lagi menganggarkan dana untuk program Gerbangmas Hasrat Papua dan Program Strategis Pembangunan Ekonomi dan Kelembagaan Kampung atau Prospek. Gubernur Papua Lukas Enembe, menyatakan kedua program itu dihapuskan karena kerap disalahgunakan para kepala kampung.

Enembe menyatakan pelaksanan program Gerbangmas Hasrat Papua dan Prospek dinilai tidak berjalan dengan baik di kabupaten kota. “Dana dari dua program ini banyak disalahgunakan kepala kampung, jadi kami hapus,” kata Enembe, di Jayapura, Kamis (21/3/2019).

Enembe menjelaskan bahwa hasil evaluasi bersama sejumlah pihak terkait telah menyimpulkan program Prospek gagal. Enembe menekankan, bahwa kegagalan Prospek bukan pada sisi teknis transfer anggaran dari Pemerintah Provinsi Papua kepada pemerintah kabupaten/kota, akan tetapi karena banyaknya penyalahgunaan anggaran Prospek oleh para kepala kampung. “Intinya, program ini tidak berhasil,” ucap Enembe.

Enembe juga menyebutkan saat ini telah ada Dana Desa dari pemerintah pusat, yang memiliki sasaran yang sama dengan program Prospek dan Gerbangmas. “Dana desa juga cukup besar dari pemerintah pusat ke kampung-kampung di Papua, sehingga dua program itu kita hapus,” sambungnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Donatus Mote dalam suratnya kepada kepala BPMK kabupaten/kota menyatakan beban biaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua semakin bertambah pada 2019. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Papua 2019 antara lain harus memprioritaskan persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional 2020 di Papua.

Selain itu, beban biaya juga bertambah karena kebijakan Pemprov Papua mengambil alih seluruh guru SMA dari 29 kabupaten/kota di Papua. Bertambahnya beban biaya itu membuat alokasi dana bagi Gerbangmas dan Prospek dihapuskan.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)