Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Proses pembangunan arena pertandingan hoki dan kriket rampung 15 persen

Para pimpinan dan anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Papua berfoto bersama para pekerja saat melakukan inspeksi mendadak ke lokasi pembangunan arena pertandingan hoki dan kriket Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2020. – Jubi/Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Proses pembangunan arena pertandingan atau venue hoki dan kriket Pekan Olahraga Nasional XX Papua pada 2020 di Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura baru rampung 15 persen. Hal itu dinyatakan manajer lapangan PT Nindya Karya, Susilo, selaku pelaksana pembangunan arena hoki dan kriket kepada Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Papua pada Selasa (2/7/2019).

Meski baru rampung 15 persen, Susilo menyatakan proses pembangunan arena pertandingan hoki dan kriket itu telah melebihi target waktu yang dijadwalkan. Jika mengacu jadwal rencana kerja, proses pembangunan hingga Juni 2019 seharusnya baru mencapai 9,635 persen.

“Kami mulai mengerjakan venue ini sejak 28 Desember 2018. Nilai kontraknya Rp 227,39 miliar, [seluruhnya] dibiayai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara,” kata Susilo.

Susilo menyatakan pihaknya membangun komplek arena pertandingan hoki dan kriket di atas lahan seluas 12 hektar. Komplek itu nantinya akan memiliki dua lapangan hoki dalam ruang tertutup (indoor), satu lapangan hoki di ruang terbuka (outdoor), dua lapangan kriket, dan satu tribun.

Loading...
;

“Lapangan arena pertandingan akan menggunakan rumput sintetis dari Australia. Untuk sementara ini, jumlah pekerja proyek mencapai 100 orang. Akan tetapi, seiring pengerjaan item kerja baru, kami akan mendatangkan pekerja lain yang sesuai dengan spesifikasi pekerjaan itu,” ujar Susilo.

Sekretaris Komisi V DPR Papua, Natan Pahabol mengatakan meski pembangunan arena pertandingan tersebut dibiayai APBN, namun lokasi pembangunan arena pertandingan hoki dan kriket itu berada di Papua. Pahabol menyatakan pihaknya tetap memiliki tanggungjawab untuk melakukan pengawasan pelaksanaan pembangunan arena pertandingan PON XX Papua itu.

“Kami juga akan rapat bersama mitra kami, sehingga kami butuh data sejauh mana perkembangan [pembangunan] venue PON di klaster Jayapura. Termasuk, =venue hoki dan kriket itu,” kata Natan Pahabol.

Menurut Pahabol, PT Nindya Karya selaku kontraktor pelaksana menyatakan pembangunan arena hoki dan kriket itu ditargetkan rampung pada 19 Juni 2020, dan arena pertandingan itu akan memasuki masa pemeliharaan hingga 15 Desember 2020.

“Semoga venue ini dapat selesai tepat waktu. Kontraktor pelaksana meminta pekerja mempercepat pengerjaan agar sesuai target. Akan tetapi, kami mengingatkan agar [pengerjaan arena pertandingan itu] tetap memperhatikan keselamat para pekerja, dan memenuhi spesifikasi pekerjaan. Jangan sampai karena terburu-buru dikerjakan, terjadi kesalahan yang dapat berdampak kepada standar lapangan yang telah ditentukan,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top