Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Protes politik uang, puluhan massa gelar aksi di Bawaslu

Suasana aksi demo damai yang dilakukan oleh masyarakat yang tergabung dalam warga peduli demokrasi – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Puluhan massa yang tergabung dalam warga peduli demokrasi mendatangani kantor Bawaslu Kota Jayapura untuk menuntut pelaku Operasi Tangkap Tangan (OTT) berinisial MM, ditindak dan dijatuhi hukuman sesuai aturan yang berlaku.

Saat diciduk, MM diketahui membawa uang sebesar Rp100 juta. Uang itu diduga akan dipakai untuk memenangkan dua calon aggota legislatif dari partai Gerindra yang kartu namanya juga diamankan sebagai barang bukti. Dua caleg tersebut diantaranya berinisial LA caleg DPD RI dapil Papua nomor urut 27 dan IE, caleg DPR RI nomor urut 1 dapil Papua.

Rudi Membri, koordinator aksi demo damai tersebut dalam orasinya menuntut agar Bawaslu Kota Jayapura harus tetap memproses pelaku yang telah di OTT oleh pihak kepolisian.

“Oknumnya sudah ditangkap, barang bukti juga sudah ada. Kami tuntut harus diproses secara hukum,” kata Mebri dalam orasinya, Sabtu (20/4/2019) di halaman Kantor Bawaslu Kota Jayapura.

Loading...
;

Kata Mebri, apabila proses hukum tidak dilakukan maka sama saja Bawaslu Papua ikut dan turut membiarkan caleg-caleg tersebut melakukan politik uang di tanah Papua.

“Kalau sudah begini, caleg tersebut lolos dan duduk sebagai anggota legislatif, mau jadi apa nanti? Papua seperti diperjual belikan dalam urusan Pemilu. Ini sama saja penjajahan berkedok demokrasi,” ujarnya.

Sebelumnya Komisioner Bawaslu Kota Jayapura, Rinto Pakpahan mengatakan, Bawaslu Kota Jayapura akan tetap melanjutkan penyelidikan terhadap kasus tersebut. Bawaslu tengah melakukan penyidikan tentang peran MM dan kaitannya dengan uang beserta kartu nama caleg yang di temukan dalam brankas Hotel pada Minggu (15/4/2019) lalu.

“Proses masih berlanjut. Kalau ada unsur pidana akan dilimpahkan ke Gakkumdu,” ujarnya. (*)

Editor       : Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top