Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Provinsi, kabupaten dan kota diminta tingkatkan pendapatan daerah

Suasana Rapat Koordinator Optimalisasi Pendapatan Daerah Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Papua – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Komisi Pemberantasan Korupsi meminta pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Papua untuk terus meningkatkan pendapatan daerah, dengan mengoptimalkan penerimaan pajak daerah dan retribusi sesuai potensi dan karakteristik daerah masing-masing.

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, mengatakan peningkatan pendapatan daerah. khususnya yang bersumber dari pajak dan retribusi perlu dilakukan, guna mengurangi tingkat ketergantungan terhadap pemerintah pusat.

“Bila kita melihat penerimaan pendapatan daerah, khususnya yang bersumber dari PAD dan PBB-P2 berpotensi besar dalam mendukung pembiayaan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah. Untuk itu, perlu dioptimalkan sebaik mungkin,” kata Klemen saat Rapat Koordinator Optimalisasi Pendapatan Daerah Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Papua, di Jayapura, Kamis (23/5/2019).

Di samping itu, dia menilai perlunya penyusunan target pendapatan daerah di setiap tahunnya secara cermat dan teliti. Sehingga menghasilkan perencanaan yang akurat dan realistis. Namun kata ia, semua itu memerlukan kerja keras, kreativitas serta inovasi.

“Tentu dengan komitmen tinggi dan persepsi yang sama, serta didukung dengan kerja keras, pasti akan dapat merealisasikan rencana pendapatan daerah, sehingga dapat mendorong pembangunan daerah,” ujarnya.

Loading...
;

Di tempat yang sama, koordinator Wilayah VIII KPK, Adlinsyah Malik Nasution mengatakan, optimalisasi pendapatan pajak daerah sudah merupakan bagian tematik daripada program yang KPK akan dorong. Hanya saja masing-masing daerah memiliki masalah berbeda, yang mana ada level provinsi dan level kabupaten/kota.

Kalau untuk provinsi, ujar ia, ada pajak kendaraan bermotor, pajak air permukaan, pajak bahan bakar kendaraan bermotor, termasuk cukai rokok. Sedangkan mata pajak kabupaten/kota cukup banyak, yang mana sesuai dengan potensi yang ada di masing-masing daerah.

“Untuk itu, kami selalu minta provinsi, kabupaten dan kota untuk terus mengoptimalkan pendapatan pajak daerah,” kata Adlinsyah.

Agar optimal, ia mengusulkan agar pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Papua perlu melibatkan Kantor Pajak. Selian itu, potensi yang ada perlu dikembangkan sendiri. Dalam artian, ada wilayah-wiayah perkotaan yang bisa dioptimalkan penerimaannya, atau ada wilayah yang bisa diarahkan ke arah komersial.

“Intinya, kita sudah harus membuat zona-zona potensi yang ada, karena jika tidak maka kita akan terus merasa tidak akan bisa mengoptimalkan sesuatu,” ujarnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top