Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

PT BIA Inti Agrinda lunasi tunggakan iuran peserta PBPU JKN-KIS untuk 250 orang

Penyerahan donasi berupa uang senilai Rp42 juta kepada BPJS Kesehatan Merauke – Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – PT BIA Inti Agrinda melunasi tunggakan iuran peserta PBPU Jaminan Kesehatan Indonesia-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk 66 kepala keluarga (KK) atau sekitar 250 warga yang berdomisili di sekitar lokasi perusahaan di Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke.

Pelunasan hutang iuran tersebut melalui penyerahan donasi oleh Pimpinan PT BIA Inti Agrinda, Kong Byoungsun, kepada kepada Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Erfan Chandra Nugraha, berupa dana senilai Rp42 juta.

Penyerahan berlangsung di Swiss-Belhotel, Senin (18/11/2019), yang disaksikan Wakil Bupati Merauke, Sularso.

Kepada sejumlah wartawan, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Erfan Chandra Nugraha, menjelaskan pemberian donasi itu bukan untuk pekerja PT BIA. Mereka sudah terdaftar dalam program JKN-KIS. Jadi program dimaksud lebih kepada masyarakat yang ada di sekitar perusahaan  yang selama ini masih menunggak iuran.

“Setelah kami berkoordinasi dengan PT BIA dan menyampaikan kalau ada masyarakat di sekitar perusahaan menunggak iuran, mereka langsung merespons dengan baik untuk membantu melalui donasi berupa dana senilai Rp42 juta,” katanya.

Loading...
;

Dari data, ada 66 kepala keluarga atau 250 orang menunggak iuran. PT BIA membayar hingga Desember 2019 bagi peserta kelas III.  Kalau  peserta kelas I dan II, mereka mampu hanya belum sempat melakukan pembayaran.

Dikatakan, pemerintah akan menanggung iuran selanjutnya jika masyarakat tak mampu, melalui skema penerima bantuan iuran (PBI). Orang yang menunggak iuran adalah di kelas III yang dulunya mampu membayar. Oleh karena pemerintah tak menjaminkan, maka hadirlah PT BIA membantu melunasi.

Menurutnya, tunggakan masyarakat bervariasi. Ada yang tiga bulan hingga satu tahun.

“Kalau tunggakan sebulan, kami tak keluarkan, karena mungkin orangnya lupa membayar,” ujarnya.

Ditambahkan, PT BIA telah bekerjasama dengan BPJS untuk tiga klinik perusahaan yang dibangun. Dimana pelayanan kesehatan tidak hanya kepada karyawan, tetapi juga masyarakat umum.

“Kami ingin mengkampanyekan terus program donasi yang dilakukan PT BIA untuk pertama kali di Provinsi Papua ini, agar dapat diikuti perusahaan lain,” katanya.

Pimpinan PT BIA Inti Agrinda, Kong Byoungsun, menyatakan pihaknya berkomitmen  mengikutisertakan karyawan pada jaminan kesehatan yang diusung pemerintah. Selain itu juga membantu masyarakat sekitar perusahaan ketika menunggak iuran.

“Kami berterima kasih kepada BPJS yang telah bekerjasama dengan baik, sehingga pemberian donasi dapat dilakukan hari ini,” ungkapnya.

Wakil Bupati Merauke, Sularso, mengungkapkan kegiatan hari ini cukup praktis tetapi mempunyai makna luar biasa. Karena BPJS sebagai penyelenggara, telah membuka sebuah ruang pertama kali di Papua, kolaborasi kerjasama dengan PT BIA untuk berpartisipasi menunjukkan keikhlasannya.

“Luar biasa dan terima kasih kepada PT BIA  yang  mengawali langkah. Ke depan agar perusahaan lain  mengikuti apa yang telah dilakukan PT BIA ini. Sekali lagi saya memberikan penghargaan kepada PT BIA yang telah membantu melunasi iuran masyarakat kurang mampu di sekitar lokasi perusahan,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top