Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

PT Kreasi Jaya Adhiarya diperiksa terkait tumpahan minyak

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Dumai, Riau, Jubi – Humas PT Kreasi Jaya Adhikarya Yossi Kartika menjalani pemeriksaan Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Dumai terkait insiden tumpahan minyak ke perairan dermaga Pelindo setempat pada Minggu (16/7) lalu.

Dalam pemeriksaan Rabu (19/7), Yossi mengatakan, kejadian kebocoran minyak stearin ini karena penghubung pipa mengalami kerusakan ketika sedang proses transfer minyak dari tangki pabrik ke Kapal MT Neelambari berbendera India untuk dibawa ke Negara Korea Selatan.

"Sebelum dimulai proses loading minyak dipastikan semua peralatan dan fasilitas dalam kondisi baik, dan kita tidak tahu kenapa tiba tiba minyak merembes bocor dari penghubung pipa," kata Yossi , Kamis (20/7/2017).

Karena minyak tumpah ke perairan adalah stearin, maka upaya evakuasi diakuinya tidak terlalu sulit, beda jika dibanding crude palm oil, kemudian juga pengambilan uji sampel sesuai prosedur.

Loading...
;

Managemen PT Kreasi Jaya juga belum dapat menyimpulkan penyebab kebocoran. Masih menunggu hasil penyelidikan dari instansi berwenang, dan minyak tumpah ke perairan ditaksir sekitar 1 ton.

"Insiden ini tamparan keras bagi perusahaan dan akan menjadi bahan evaluasi agar kedepan tidak lagi terulang dan tidak ada pencemaran lingkungan di perairan," sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Seksi Penjagaan Patroli dan Penyidikan KSOP Dumai Jannes Sinaga mengatakan insiden ini akan diselidiki, terkait kronologis dan penyebab kejadian minyak tumpah tersebut.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dumai Satrio Wibowo mengatakan petugas sudah turun ke lokasi untuk mengambil uji sampel untuk diperiksa di laboratorium.

"Diduga terjadi di sambungan pipa saat pemindahan minyak ke kapal dari tangki," kata Satrio. (*)

 

 

 

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top