Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

PT SDIC jangan cuma keruk SDA Papua Barat

Potret kondisi PT.SDIC Papua Cement Indonesia di kampung Maruni, Distrik Manokwari Selatan Kabupaten Manokwari. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Pabrik semen di Manokwari diminta tak hanya mengeksplorasi sumber daya alam (SDA) di Papua  Barat khususnya di Manokwari, untuk kepentingan bisnis tanpa memberikan kontribusi bagi masyarakat di sana.

Yuliana Numberi, warga Manokwari kepada Jubi, secara tegas menanyakan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat umum.

Kata dia, CSR investor China itu jangan hanya dinikmati oleh sederet pejabat daerah di Papua Barat, tapi mengecualikan masyarakat kecil di Manokwari.

“CSR Pabrik semen melalui suplai daya listrik, itu sudah sangat baik. Tapi kemudian mau diputus dengan alasan peningkatan produksi. Jangan untuk kejar produksi lalu kesampingkan investasi jangka panjang kepada masyarakat,” ujarnya kepada Jubi, Senin (27/5/2019).

Loading...
;

Dia juga sarankan, ada PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) khusus di Pabrik semen untuk menyuplai daya listrik ke Manokwari, sebagai Kabupaten tempat perusahaan internasional tersebut berinvestasi.

“Kalau memang PLN masih ragu-ragu atau masih hitung untung-rugi dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di Manokwari, maka bagi saya Pemerintah punya kapasitas bersama pihak Pabrik semen dalam menyediakan satu PLTU khusus, sehingga PLN tidak dibebani lagi dengan pemadaman bergilir,” ujarnya.

Menyoal pemadaman bergilir secara tiba-tiba yang dirasakan warga, Numberi mengatakan banyak perabot elektronik rumah tangga yang rusak.

“Saya terima keluhan, bahwa akibat pemadaman tiba-tiba banyak perabot elektronik keluarga yang rusak. Kalau sudah demikian, siapa yang mau ganti? Pejabat bisa diganti oleh negara tapi masyarakat kecil, pasti harus nabung lagi untuk beli baru,” tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Papua Barat, Muhammad Lakotani telah memerintahkan pihak PT.SDIC (pabrik semen) untuk kembali menyuplai daya listrik sebesar 6 MW ke PLN Manokwari untuk mengatasi krisis listrik yang terjadi.

Dalam pertemuan dengan pihak Pabrik semen dan PLN Manokwari pada Sabtu akhir pekan lalu, Lakotani mendesak suplai daya dari PLTU Pabrik semen 6 MW sampai pada tanggal 28 Mei (besok). Sambil menunggu proses instalasi mesin sewa 10 MW oleh PLN Manokwari.

Catatan Jubi, PT.SDIC selain produksi semen, pabrik milik investor Cina itu juga menghasilkan listrik cukup besar sekitar 2 x 20 Mega Watt (MW). Dan kapasitas terpasang pada Pabrik semen sebesar 3 juta ton pertahun. (*)

Editor      : Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top