HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Puasa, jam kerja ASN Papua berkurang 30 menit

ASN di lingkungan pemerintah provinsi Papua – Jubi/Dok

Jayapura, Jubi – Selama bulan puasa, jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua berkurang 30 menit, yakni jika pada hari biasa mulai kerja dari Pukul 07.30 hingga 15.00 WIT, kini menjadi 08.00 – 15.00 WIT.

Selain jam masuk dan pulang kantor, waktu istirahat pegawai selama bulan puasa pada Senin sampai dengan Kamis adalah Pukul 12.00 hingga 12.30. Sedangkan untuk Jumat mulai pukul 11.30 hingga 12.30 WIT.

“Saya berharap, dengan adanya perubahan jam kerja ini, para pegawai di Pemprov Papua tidak bermalas-malasan. Terus bekerja untuk memberi pelayanan terbaik kepada warga Papua,” kata Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen, di Jayapura kemarin.

Menurut ia, penetapan jam kerja pada bulan Ramadan 1440 Hijriah di Papua berdasarkan surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 394 Tahun 2019, tertanggal 26 April 2019.

“Terkait ini kami sudah jelaskan melalui surat edaran pemerintah provinsi Nomor 451/4934/SET kepada masing-masing OPD di lingkungan pemerintah Papua,” ujarnya.

Loading...
;

Meskipun demikian, dia tetap mengimbau kepada seluruh pegawai untuk tidak bermalas malasan saat bekerja di bulan Ramadan.

“Seorang ASN dituntut harus mengedepankan profesionalitas kerja sebagai abdi negara yang tujuannya melayani masyarakat. Meski begitu, ada waktu istirahat khusus yang disediakan bagi pegawai yang berpuasa,” katanya.

Agar tugas dan tanggung jawab sebagai abdi negera berjalan maksimal, Hery meminta para pegawai yang berpuasa untuk pintar-pintar menjaga kesehatan dan tak berlebihan beraktivitas di luar jam kerja.

“Saya harap pegawai yang menjalankan ibadah puasa menjaga kondisi tubuh, istirahat cukup dan beraktivitas sesuai kebutuhan. Supaya energi untuk bekerja tetap terjaga,” ujarnya.

Secara terpisah, La Arabu, salah seorang staf sekretariat daerah Setda Papua mengaku sangat tidak terganggu dengan jam kerja selama bulan berpuasa. Mengingat hal ini bukan baru pertama kali dijalani.

“Bulan Ramadan jangan dijadikan alasan untuk bermalas malasan dalam bekerja. Sebagai abdi negara kita harus siap dalam kondisi apapun,” kata La Arabu. (*)

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)