Puskesmas Kaladiri terus berupaya tangkal penyakit lumpuh layu

Puskesmas Kaladiri terus berupaya tangkal penyakit lumpuh layu

Seorang petugas Puskesmas Kaladiri saat memberikan vaksin kepada seorang siswa – Jubi/Titus Ruban.

Nabire, Jubi – Puskesmas Kaladiri, Distrik Wanggar, Nabire terus berupaya menangkal penyakit lumpuh layu atau lumpuh mendadak. Salah satu upayanya lewat pemberian vaksin Polio kepada anak usia 0 -15 tahun dengan cara door to door ke sekolah – sekolah setempat.

“Kami terus berupaya untuk meminimalisir tersebarnya penyakit yang menyebabkan kelumpuhan ini,” ujar Kepala Puskesmas Kaladiri, Rosmawati Samosir saat memberikan Polio di SDN Kampung Bumi Mulia, Selasa (16/04/2019.

Menurut Samosir, fungsi pemberian vaksin Polio adalah untuk mencegah penyakit Polio yaitu penyakit yang menyebabkan seorang anak tiba – tiba lumpuh mendadak atau lumpuh layu. Kasus ini sudah pernah ditemukan di jayapura.

“Dan mereka terjangkit dari daerah perbatasan RI – PNG. Kami berharap di Nabire jangan sampai ada, sebab penyakit ini ditularkan lewat BAB yang tidak pada tempatnya,” bebernya.

Dikatakan Samosir, pelaksanaan kali ini merupakan sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Pputaran. Kegiatan dilaksanakan sejak 10 Maret silam untuk 23 sekolah, (12 SD, 8 TK, 4 Posyandu, 3 SMP, dan 1 SMU).

“Sudah 4 Posyandu dan 8 SD yang kami datangi. Sisanya nanti setelah setelah libur panjang, akan dilanjutkan,” katanya.

Dia bilang, pihak sekolah yang didatangi telah merespon dan menanggapi baik pelaksanaan PIN Polio. Maka harapannya adalah agar wilayah Puskesmas Kaladiri tidak dijangkit oleh penyakit lumpuh layu.

“Harapannya adalah kami bebas dari lumpuh layu, termasuk Nabire dan Papua pada umumnya,” harapnya.

Salah seorang anak, Daniel Yosea mengatakan bahwa dirinya telah dipesan orang tuanya untuk menerima jika ada petugas kesehatan yang datang memberi vaksin Polio. Iapun bersedia sebab bisa bermanfaat bagi dirinya.

“Bapak dan ibu sudah pesan, jangan takut kalau dikasih Vaksin Polio karena gunanya untuk saya. Jadi saya tidak takut,” katanya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)