Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Putaran balik kendaraan penyebab macet di Sentani

Pengendara melintasi salah satu putaran balik arah kendaraan (U-Turn) di Sentani, Kabupaten Jayapura – Jubi/Yance Wenda.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kondisi jalan tidak memadai menjadi penyebab utama kemacetan lalu lintas di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura. Trotoar dan jarak putaran balik arah kendaraan (U-turn) terlampau dekat sehingga arus kendaraan kerap tersendat.

“Seharusnya bukaan (jarak setiap) putaran untuk jalan arteri dalam kota, minimal 300 meter, sedangkan luar kota minimal 500 meter. Di Sentani tidak demikian. Setiap 30-35 meter ada bukaan jalan (putaran), kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura Andika Temanta Purba kepada Jubi, Kamis (7/11/2019).

Andika mengaku permasalahan kondisi jalan dan manajemen lalu lintas tersebut menjadi bahan pengkajian mereka untuk mengatasi kemacetan di Sentani. Mereka juga akan memasang kamera pemantau (CCTV) di beberapa lokasi jalan rawan macet.

Pemasangan CCTV disosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat sehingga mereka bisa menyesuaikan kebiasaan berkendaraan di jalan raya. Sentani, menurutnya merupakan pintu masuk utama ke Papua. Kondisi lalu lintasnya mencerminkan wajah Papua secara keseluruhan.

Loading...
;

“Ketika pertama kali orang landing (mendarat) di Bandara Internasional Dorthyes H Eluay dan menimbulkan kesan baik, baik pula kesan mereka terhadap Papua. Itu menjadi pekerjaan rumah (tugas) bersama,” jelas Andika.

Warga Sentani Wilemus Muguri juga merasakan bahwa jarak putaran yang terlampau dekat menjadi penyebab utama kemacetan. Dia berharap beberapa putaran jalan ditutup demi kelancaran arus lalu lintas kendaraan bermotor di Sentani.

“Di depan Hotel Merbau itu, jarak putaran jalannya terlalu dekat sehingga sering membuat macet. Beberapa putaran jalan yang terlampau dekat sebaiknya ditutup saja,” kata Muguri.

Dia menambahkan Sentani merupakan kota kecil, tetapi lalu lintasnya mulai padat. Pelebaran jalan sulit dilakukan karena banyak bangunan di pinggirannya. Karena itu, salah satu solusi mengatasi kemacetan lalu lintas di Sentani, menurutnya ialah mengatur jarak U-turn. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top