Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Ratusan hektar hutan sagu di Sentani terbakar

Sebagian hutan sagu di pesisir Danau Sentani yang terbakar – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Akibat cuaca panas ekstrem selama beberapa pekan terakhir, ratusan hektar hutan sagu di Sentani terbakar.

Hal ini diakui oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup DLH) Kabupaten Jayapura, Chris Kores Tokoro, saat ditemui di Sentani, Sabtu (21/9/2019).

Tokoro menyebutkan ratusan hektar sagu yang terbakar ini meliputi sebagian besar hutan sagu di Kampung Toware Distrik Waibhu, hutan sagu di Kampung Kehiran, hutan sagu di pesisir Danau Sentani dekat Kampung Sereh Tua Distrik Sentani.

“Dengan kondisi cuaca yang ekstrem ini, kami mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dengan menggunakan api di sembarang tempat. Secara khusus yang dekat dengan tempat-tempat yang mudah terbakar,” ujarnya.

Loading...
;

Dikatakan, satu pohon sagu dalam pertumbuhannya untuk bisa dimanfaatkan membutuhkan waktu lima hingga sepuluh tahun. Kalau sudah terbakar seperti ini jelas pohon sagu sudah tidak dapat dipanen lagi.

Padahal, kata mantan Kepala Distrik Sentani ini, hutan sagu adalah harta dan sumber daya alam milik masyarakat yang setiap hari diolah dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

“Dalam waktu dekat kita akan mendata ulang jumlah luasan hutan yang terbakar, termasuk jumlah pohon sagunya. Hal ini akan disampaikan kepada pihak yang berkepentingan seperti Dinas Tanaman Pangan, Dinas Pertanian, dan Dinas Perkebunan untuk diambil langkah serius dalam penanganannya,” jelas Tokoro.

Sementara itu, Sepjun, Seorang warga Kampung Kehiran, mengaku dirinya melihat hutan sagu terbakar secara tiba-tiba. Padahal waktu itu sudah mulai sore dan angin berhembus kencang.

“Saya berusaha memadamkan api yang dengan cepat menjalar dari satu pohon sagu ke pohon sagu lainnya. Dengan menggunakan dahan dan ranting muda, tetapi pada saat yang bersamaan angin berhembus sangat kencang sehingga dengan mudah api menjalar membakar sebagian besar hutan sagu ini,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top