Ratusan orang di tiga negara ini tewas akibat badai Idai

Ratusan orang di tiga negara ini tewas akibat badai Idai

ilustrasi, pixabay.com

Badai topan tersebut mengakibatkan 90 persen kerusakan dan kehancuran di Kota Beira, Mozambik

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Nairboi, Jubi – Badai Tropis Idai menewaskan lebih dari 150 orang di negara Afrika Selatan –Mozambik, Zimbabwe dan Malawi. Badan bantuan internasional pada Senin, (18/3/2019) menyebutkan badai topan tersebut mengakibatkan 90 persen kerusakan dan kehancuran di Kota Beira, Mozambik

“Badai tropis itu memasuki daratan Mozambik pada Kamis malam (14/3), setelah bergerak ke Zimbabwe,” kata Federasi Palang Merah Internasional dan Masyarakat Bulan Sabit Merah (IFRC) dalam satu pernyataan yang dikeluarkan kantornya di Kenya.

Baca juga : Vanuatu ‘red alert’ karena Badai Oma

Badai Pasifik diperkirakan terjang California

Ratusan orang tewas akibat badai Usman di Filipina

Sejumlah korban tewas berasal dari Malawi dan Zimbabwe, tempat lebih dari 100 orang hilang, tambah IFRC, sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Turki, Anadolu.

“Keadaannya mengerikan. Kerusakan sangat luas. Tampaknya 90 persen daerah itu benar-benar hancur, jalan telah rusak,” katanya.

Menurut kantor IFRC di Nairobi, Kenya, jumlah korban jiwa dikhawatirkan berubah saat kerusakan total diketahui. Hujan lebat juga diperkirakan masih mengguyur dan ini bisa mengakibatkan kerusakan lebih jauh lagi.

Berita terkait : Badai Florence di Amerika, 900 orang dievakuasi

IFRC mengatakan organisasi tersebut mengucurkan 340.000 franc Prancis atau 340.598,80 dolar AS dari Dana Darurat Bencananya. Uang itu akan disalurkan ke reaksi tanggapan pertama buat sebanyak 7.500 orang yang meminta bantuan. (*)

Editor : Edi Faisol

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)