Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Rayakan HUT ke-47, SAR Biak gelar donor darah

Nabire, Jubi – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) kantor Search And Rescue (SAR) Biak bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia ( PMI) setempat , menyelenggarakan donor darah dalam rangka HUT Basarnas ke – 47.

Ketua panitia HUT, Recky Sambouw melalui selulernya kepada jubi, Selasa (26/02/2019) mengatakan donor darah itu akan melibatkan berbagai potensi SAR yang ada di daerah itu.

“Kami bekerja sama dengan potensi SAR, seperti TNI,POLRI,” ujar Sambuow.

Tercatat ada 80 pendonor yang menghasilkan 44 kantong darah. Golongan darah O paling banyak didapati dari kegiatan ini.

Loading...
;

“Kantong darah akan dibawa oleh PMI ke RS untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan,” kata Sambouw.

Donor darah dilakukan karena kebutuhan darah yang cukup tinggi namun tidak diimbangi oleh stok dan antusiasme masyarakat untuk mendonor.

“Kami ingin bantu masyarakat yang membutuhkan darah,” tuturnya.

Selain donor darah, lanjut Recky, berbagai kegiatan telah dimulai sejak (15/2/2019) Ada berbagai lomba yang digelar. Seperti lomba bola volly, kekompakan tim, kemudian melibatkan dharma wanita SAR dengan kegiatannya, yakni lomba untuk anak –anak, memasak, serta jalan santai.

“Juga ada kegiatan sosial ke panti asuhan di Biak,” terangnya.

Kepala Unit donor darah PMI Biak, Fery Moningka mengatakan kebutuhan darah di Biak per bulannya kurang lebih 300 kantong.

Di saat tertentu, pihaknya mengalami kesulitan memenuhi permintaan darah. Misalnya pada bulan januari kemarin permintaan cukup tinggi, sebab ada beberapa kasus di Biak seperti DBD.

“Tetapi memasuki februari stok darah sudah mulai ada dan mencukupi, karena ada donor dari beberapa instansi dan sangat membantu,” katanya.

Dia berharap, kepada masyarakat Biak untuk bisa dan bersedia dalam mendonorkan darahnya kepada mereka yang membutuhkan. Termausk memanfaatkan kegiatan donor darah yang digelar berbagai instansi.

“Ingat bahwa’Setetes Darahmu Selamatkan Sejuta Jiwa’,” ujarnya.(*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top