Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Referendum Bougainville : Tim berangkat ke Australia dan Kepulauan Solomon

Perangkat pemungutan suara untuk referendum Bougainville – Jubi/Victor M

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Bougainville, Jubi – Petugas pemungutan suara dari Komisi Referendum Bougainville untuk Kepulauan Solomon dan Australia telah berangkat hari ini (Jumat, 22/11/2019) dan besok untuk melaksanakan referendum bagi warga Bougainville yang tinggal di luar negeri.

Tim pertama telah berangkat dari Bougainville hari ini ke Kepulauan Solomon untuk bekerja selama dua hari pemungutan suara di Gizo dan kemudian Honiara. Sementara timke dua berangkat besok dan akan melakukan perjalanan ke Cairns lalu Brisbane.

Kepala petugas referendum Mauricio Claudio mengatakan ini adalah peristiwa bersejarah untuk mendaftarkan dan mengumpulkan suara warga negara Papua New Guinea (PNG), dalam hal ini orang Bougainville sebagaimana didefinisikan oleh kedua pemerintah, yang tinggal di wilayah luar negeri.

“BRC yakin bahwa kami telah menangkap semangat dan niat dari Perjanjian Perdamaian Bougainville – untuk memberikan kesempatan bagi setiap Bougainville yang memenuhi syarat untuk menyampaikan pendapat mereka melalui proses demokrasi yang bebas, adil dan aman,” kata Mauricio.

Loading...
;

Baca Referendum Bougainville : Cara Melanesia tangani konflik bersenjata

Ia menyebutkan ada sekitar 311 orang Bougainville yang memenuhi syarat yang mendaftar selama dua kali perjalanan Komis Referendum Bougainville di Australia dan Kepulauan Solomon. Sekarang adalah kesempatan mereka untuk perg memilih dan menjadi bagian dari proses perdamaian dan bagian dari sejarah Bougainville.

“Kami juga akan menawarkan pemungutan suara sementara bagi mereka yang mendaftar di luar negeri, tetapi telah kembali ke Bougainville untuk memberikan suara mereka,” lanjut Mauricio.

Tanggal pemungutan suara di Australia adalah sebagai berikut:
Cairns: 25-26 November, Konsulat PNG
Brisbane: 28-29 November, Konsulat PNG

Sedangkan di Kepulauan Solomon adalah sebagai berikut :
Gizo: 25-26 November, Pusat Sumber Daya Wanita
Honiara: 28-29 November, Komisi Tinggi PNG

Mr Claudio meyakinkan semua bahwa keselamatan, keamanan dan kredibilitas proses pemungutan suara akan seketat pemungutan suara di Bougainville.

“Kami telah diberi tahu bahwa kedua pemerintah, P akan mengirim pengawas mereka untuk mengamati proses, serta kehadiran pengamat internasional,” ujar Mauricio.

Komisi Referendum Bougainville diberi mandat oleh kedua pemerintah (PNG dan Pemerintah Otonom Bougainville) untuk menghasilkan referendum yang independen, sah dan kredibel bagi kedua pemerintah untuk berkonsultasi, dengan keputusan akhir yang akan dibuat oleh Parlemen Nasional.

“Pesan kami untuk semua orang adalah sama, pergi dan berikan suara anda dengan keyakinan bahwa suara anda akan aman dan rahasia sesuai dengan hukum dan praktik terbaik internasional,” kata Mauricio. (*)

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top