Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Reformasi energi, Uni Eropa bantu Kepulauan Marshall

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Majuro, Jubi – Duta Besar Uni Eropa (UE) untuk Kepulauan Marshall dan Pasifik, Andrew Jacobs menandatangani kesepakatan dengan Presiden Hilda Heine sebuah kesepakatan pendanaan sebesar € 9.1 juta (US$9.6 juta) guna mendukung implementasi Kebijakan dan Rencana Aksi Energi Kepulauan Marshall (2016-2019).  

Dalam kesepakatan ini, UE akan bantu organisasi-organisasi masyarakat sipil, khususnya kelompok-kelompok akar rumput yang mewakili perempuan, dan anak-anak muda, untuk terlibat dalam pengembangan energi berkelanjutan di tingkat akar rumput.

Dana tersebut akan diberikan dalam bentuk dukungan dana langsung, yang akan didistribusikan sesuai rencana pencapaian yang ditetapkan dalam Rencana Aksi Energi nasional agar ikut mendorong implementasinya.

"Melalui dukungan untuk implementasi reformasi sektor energi dukungan anggaran program akan ikut membantu pembangunan ekonomi Republik Kepulauan Marshall (RMI)" ujar Jacobs.   

Loading...
;

Jacobs, yang secara resmi kunjungi RMI, juga mengatakan tugas mereka sekaligus menguatkan Manajemen Keuangan Publik (PFM) dan membantu RMI penuhi kriteria EU untuk dukungan dana.

Program-program ini ada dalam Visi 2018: Kerangka Rencana Kerja Pembangunan Strategis. Fokusnya adalah memperbaiki keamanan pasokan energi, penguatan efisiensi energi, dan pengurangan lebih jauh terhadap ketergantungan bahan bakar fosil import untuk pembangkit listrik.

Dikatakan, program ini juga terutama berkontribusi pada pencapaian progresif Target Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) sesuai target 7, yaitu memastikan akses terhadap energi yang terjangkau, terpercaya, berkelanjutan, dan modern untuk semua. Namun sekaligus juga mempromosikan kemajuan sesuai target 13, mengambil langkah darurat untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya.

UE lebih lanjut akan memberi dukungan pada National Authorising Officer (NAO) atau kantor-kantor terkait guna memastikan RMI akan mendapatkan manfaat penuh dari berbagai program dukungan UE di kawasan Pasifik.(*)

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top