Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Rekrutmen anggota DPR Papua melalui sistem pengangkatan direncanakan Juli

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Yunus Wonda. – Jubi/Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tahapan rekrutmen 14 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua melalui sistem pengangkatan dari lima wilayah adat di Papua direncanakan akan dimulai pada Juli 2019. Sejumlah 14 anggota legislatif dari sistem pengangkatan itu akan dilantik Oktober 2019, bersama 55 anggota legislatif periode 2019 – 2024 yang terpilih dalam Pemilihan Umum 2019.

Hal itu dinyatakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Yunus Wonda di Jayapura, Kamis (9/5/2019). Wonda menyatakan DPRP telah menerima pertimbangan dan persetujuan Majelis Rakyat Papua (MRP) atas Rancangan Peraturan Daerah Khusus (Raperdasus) tentang pengangkatan 14 anggota DPRP dari lima wilayah adat di Papua.

“MRP sudah memberikan pertimbangan dan persetujuan atas Raperdasus kursi pengangkatan, dan telah mengembalikan Raperdasus itu kepada kami. Kami akan menjadwalkan rapat paripurna DPRP untuk mengesahkan Raperdasus itu, agar menjadi acuan rekrutmen 14 anggota DPRP (yang diangkat dari lima wilayah adat),” kata Wonda.

Wonda menyatakan Menteri Dalam Negeri juga menginginkan 14 anggota DPRP dari sistem pengangkatan itu bisa dilantik bersama-sama dengan 55 anggota DPRP yang terpilih dalam Pemilihan Umum 2019. Oleh karena itu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Papua diminta tepat waktu dalam melaksanakan tahapan rekrutmen.

Loading...
;

Wonda tidak ingin kasus pelantikan anggota DPRP periode 2014 – 2019 dari sistem pengangkatan yang baru terlaksana 13 Desember 2017 (tiga tahun setelah anggota DPR Papua terpilih dari Pemilihan Umum 2014) terulang. “Kami di DPRP hanya merancang dan mengesahkan Raperdasusnya. Setelah itu tahapan selanjutnya di Kesbangpol,” ucapnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top