Relokasi warga Kemiri akan segera dilakukan

Relokasi warga Kemiri akan segera dilakukan

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw (baju putih), saat mendengarkan penjelasan seorang pemilik hak ulayat dalam penentuan tempat relokasi warga Kemiri – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Lahan seluas tujuh hektare disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk merelokasi warga Kemiri Kelurahan Hinekombe Distrik Sentani yang menjadi  korban banjir bandang, Maret lalu. Saat ini mereka masih berada di pos pengungsiang SKB Sentani.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, Sabtu (25/5/2019), usai pertemuan dengan sejumlah tokoh adat dan pemilik hak ulayat tempat tersebut, mengatakan relokasi warga Kemiri yang terdiri dari puluhan Kepala Keluarga (KK) akan segera dilakukan.

“Apapun keputusan dalam proses hukum nanti, kami pemerintah juga akan mengikuti proses tersebut. Yang terpenting warga tidak boleh lama-lama di pengungsian,” ujar Bupati Awoitauw.

Dikatakan, dalam proses ini, infrastruktur perumahan akan disiapkan oleh pemerintah daerah melalui Yayasan Budha Tzu Chi.

“Tim penangan relokasi sedang bekerja terkait jumlah data korban. Hal-hal teknis dan secara administrasi pembangunan rumah juga akan segera dibangun. Karena jumlah kepala keluarga tidak mencapai seratus dipastikan akan cepat selesai,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Adat Suku (DAS) Sentani, Maurits Felle, mengatakan pihaknya sangat mendukung apa yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah terkait relokasi warga Kemiri dari pos pengungsian.

“Soal hak ulayat akan kami bicara ke dalam secara masyarakat adat, yang terpenting saat ini kita selamatkan warga yang tinggal di pengungsian karena mereka juga merupakan masyarakat dari Ondofolo Kampung Ifale,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)