Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Ribuan warga Merauke gelar deklarasi cinta damai

Ribuan masyarakat yang memadati halaman Kantor Bupati Merauke – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Masyarakat di Kabupaten Merauke memadati halaman kantor bupati, menggelar deklarasi cinta damai yang dihadiri Staf Khusus Kepresidenan, Ali Mochtar Ngabalin.

Hadir dalam deklarasi, Senin (16/9/2019), selain perwakilan etnis yang mendiami Bumi Anim Ha, juga pelajar dari tingkat SD hingga perguruan tinggi (PT), juga kirab pembawa bendera merah putih sepanjang 74 meter oleh perwakilan mahasiswa dari STIA Karya Dharma. Selain itu, Muspida, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan sejumlah stakeholder lain.

Dalam acara dimaksud, juga pembacaan doa bersama lima tokoh agama serta penandatanganan deklarasi cinta damai.

Isi deklarasi kesepakatan itu yakni pertama, Kami warga Negara Indonesia di tanah Marind dengan beraneka suku, bahasa dan adat istiadat, bersepakat menjaga persatuan dan kesatuan di tanah Papua.

Kedua, selalu hidup berdampingan rukun dan damai dengan penuh cinta kasih dalam bingkai Izakod Bekai-Izakod Kai, Satu Hati-Satu Tujuan. Ketiga, bersepakat tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak benar serta menolak rasis.

Keempat, meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia memberi perlindungan serta kenyamanan kepada warga Papua yang berdomisili atau sedang studi di daerah masing-masing.

Loading...
;

Bupati Merauke, Frederikus Gebze, dalam sambutannya mengatakan negeri ini menjadi pencetus istana damai, istana cinta kasih, serta istana persaudaraan dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kami semua ingin etnis Nusantara tak boleh takut tentang keamanan. Mari kita saling menghargai dan mengayomi. Terima kasih kepada Presiden RI, Joko Widodo, dan TNI/Polri, sehingga situasi sampai sekarang  tetap aman kondusif,” katanya.

Staf ahli Kepresidenan, Ali Mochtar Ngabalin, mengatakan hari ini adalah kegiatan deklarasi cinta damai sebagai cerminan tonggak sejarah dan cinta kasih dari Merauke.

“Kami mengusulkan kepada Presiden Jokowi agar kegiatan ini dilakukan berjenjang hingga Sabang,” ujarnya.

Dikatakan, untuk mengukur Indonesia, tak perlu jauh-jauh, datang saja di Kabupaten Merauke.

“Kalau ingin melihat RI, ukur saja kedamaian dari Merauke. Tuhan memberkati Merauke memegang prestasi tetap aman dan damai,” ungkapnya.

“Mari kita jaga negeri ini  agar aman dan damai. Karena kita datang menyentuh masyarakat dengan cinta,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top